Menu Vegetarian Ala Ko Alim

Entertainment / 16 June 2010

Kalangan Sendiri

Menu Vegetarian Ala Ko Alim

Lestari99 Official Writer
3797

Bagi Anda penganut vegetarian, bukanlah hal yang mudah untuk menemukan tempat makan yang mendukung program hidup Anda di kota sebesar Jakarta ini. Jumlah rumah makan yang menyajikan makanan khusus vegetarian masih terbilang sedikit. Banyak orang yang masih beranggapan bahwa menu vegetarian pastilah tidak selezat makanan yang berbahan dasar daging.

Namun Rumah Makan Vegetarian Ko Alim dapat menepis anggapan ini. Bagaimana tidak, rumah makan yang berada di kawasan Petak Sembilan Grogol, Jakarta Barat ini, mengubah makanan olahannya menyerupai daging namun bahan dasarnya sebenarnya vegetarian. Makanan ini memang diolah sedemikian rupa sehingga aroma dan rasanya tidak akan kalah dengan aslinya. Orang-orang yang pernah datang ke rumah makan ini dan mencicipi makanannya mengaku dibuat ketagihan dan bahkan bisa merangsang orang untuk beralih ke menu vegetarian.

Bentuk warung makan Vegetarian Ko Alim masih mirip seperti warteg (warung Tegal), sehingga belum banyak orang yang ‘ngeh’ akan keberadaan warung tersebut. Namun sebuah etalase kaca yang menjadi tempat pajangan menu makanan masih tampak terlihat dengan jelas dari luar. Yang membedakan dengan warung makan pada umumnya tentu saja pada penyajian menu makanan jenis vegetarian non daging.

Ko Alim menyadari bahwa orang cenderung memilih makanan daging karena rasanya yang lebih enak. Namun Ko Alim tidak kehabisan akal sehingga ia membuat menu daging buatan dengan bahan vegetarian tanpa menghilangkan rasa dan aroma daging aslinya.

Karena menu uniknya, menjaga kualitas masakan merupakan salah satu kunci rahasianya. Untuk menjerat pelanggan, Ko Alim juga menawarkan dengan harga yang relatif murah sehingga semua lapisan masyarakat dapat menikmati aneka menu makanan yang dijualnya.

Ko Alim menjelaskan bahwa masakan vegetarian hasil olahannya itu terbuat dari tepung yang dicampur dengan jamur, rumput laut dan rempah-rempah sebagai pengganti rasa. Awalnya semua bahan tersebut dicampur bersama air dan diaduk hingga mengeras. Setelah itu tepung yang sudah padat dibentuk menjadi potongan kecil-kecil layaknya daging yang disebut gluten. Daging buatan atau gluten yang masih mentah itu kemudian dipanaskan dalam oven, atau bisa juga dibakar. Setelah itu baru diolah menjadi masakan seperti rendang dan sebagainya.

Anda tak perlu kuatir dengan citarasa maupun harganya. Untuk semangkuk Mie Ayam Vegetarian hanya dihargai Rp 8.000. Daging ayam untuk mie-nya ini ia ganti dengan jamur cincang. Cukup unik bukan? Berniat untuk mencobanya?

Sumber : beritajakarta
Halaman :
1

Ikuti Kami