Si Dia Tidak Mempercayaimu? Salahkan Testoteron

Psikologi / 12 June 2010

Kalangan Sendiri

Si Dia Tidak Mempercayaimu? Salahkan Testoteron

Puji Astuti Official Writer
3754

Lem yang menyatukan manusia dalam sebuah komunitas adalah kepercayaan. Tapi orang yang terlalu percaya pada orang lain dia terlalu mengambil resiko. Keduanya, baik percaya maupun tidak percaya, memiliki kesamaan, hal itu hasil dari pengaruh hormone yang mempengaruhi perasaan seseorang.

Kepercayaan timbul dari hormone yang bernama oxytocin. Sentuhan lembut dan perhatian akan memicu oxytocin masuk kedalam aliran darah Anda. Hasil penelitian tahun 2005, oxytocin membuat para investor berani untuk mempercayakan uang mereka pada orang asing.

Memang agak aneh bahwa hormone mempengaruhi penilaian seseorang patut dipercaya atau tidak. Namun ini adalah cara alami dan penting dalam membangun hubungan dalam suatu komunitas.

Nah, kebalikan dari oxytocin berhasil ditemukan oleh Universitas Etrecht, Belanda, Horman yang membuat orang merasa ragu di situasi tertentu ternyata testoteron. Para peneliti ini memberikan testoteron cair kepada beberapa wanita dan menunjukkan beberapa foto pria. Hasilnya, para wanita itu cenderung meragukan pria-pria yang di foto tersebut.

Jadi para pria, Anda tentu tahu wanita itu begitu kompleks, tetapi ternyata lebih dari itu: disaat Anda sangat mengharapkannya, kadang si dia tidak bisa mempercayai Anda.

Sumber : Telegraph
Halaman :
1

Ikuti Kami