Jalan-Jalan Tanpa Deg-Degan

Investment / 12 June 2010

Kalangan Sendiri

Jalan-Jalan Tanpa Deg-Degan

Lois Official Writer
3702

Liburan panjang sebentar lagi akan dimulai, saat kelulusan anak-anak tiba. Apakah ada acara khusus yang sudah Anda sediakan buat keluarga Anda? Mungkin beberapa dari Anda memutuskan untuk tinggal saja di rumah dan sesekali keluar ke mall bareng keluarga. Ada juga yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan. Entah itu jalan-jalan ke luar kota maupun ke luar negeri.

Repotnya, ketika hendak jalan-jalan tersebut, sebenarnya berapa jumlah uang tunai yang sebaiknya dibawa. Yang dimaksud uang tunai adalah uang yang Anda bawa di tangan Anda.

Kalau Anda ingin jalan-jalan, sebaiknya bawa saja jumlah uang tunai secukupnya. Dengan kata lain, uang tunai di sini diperlukan untuk keperluan naik kendaraan umum atau uang BBM bila Anda naik kendaraan pribadi, untuk makan dan jajan selama satu harinya, untuk keperluan lain jika anak Anda ingin jajan dan lain sebagainya.

Jika Anda membawa uang yang lebih dari cukup, biasanya uang itu juga akan habis sehingga Anda akan bingung sendiri kemana uang itu Anda dan keluarga gunakan.

Ada dua hal yang harus Anda perhitungkan dalam hal membawa uang tunai :

Biaya transportasi

Alat transportasi apa yang Anda pilih ketika jalan-jalan tersebut? Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda harus memperhitungkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan bakar kendaraan Anda dan perawatan yang mungkin harus dilakukan. Jika Anda menggunakan pesawat, kereta api, ataupun travel biasanya Anda membayar di muka sehingga Anda hanya perlu memperhitungkan maupun mempersiapkan sedikit biaya transportasi Anda. Untuk apa? Untuk kendaraan yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda selanjutnya. Misalnya dari bandara menuju hotel dengan menggunakan taksi.

Biaya makan dan minum selama perjalanan

Selama di perjalanan, ada saatnya anak Anda minta snack yang ingin dia makan atau Anda ingin makan siang sesudah sampai di lokasi tujuan. Tentu saja biaya makan selama Anda jalan-jalan harus diperhitungkan.

Mungkin Anda bertanya-tanya. Bagaimana dengan biaya penginapan dan souvenir? Bukankah kedua hal tersebut juga butuh uang? Jawabannya, memang benar. Namun, kedua hal tersebut bukan termasuk uang yang harus Anda bawa tunai. Bahaya membawa uang tunai terlalu banyak. Anda bisa mengambilnya nanti selepas di bandara tujuan.

Tentu saja Anda perlu menyediakan uang cadangan untuk keperluan tak terduga. Uang cadangan yang dimaksud di sini tentu saja digunakan untuk keperluan yang mendadak atau mengantisipasi kekurangan uang, yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Contohnya seperti Anda memasuki suatu kawasan yang punya biaya tiket masuknya. Jadi, selama Anda jalan-jalan, Anda tidak perlu terlalu kuatir dengan uang yang besar jumlahnya untuk Anda bawa jalan-jalan.

Sumber : keuangankeluarga/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami