Perjudian di Piala Dunia, Jegal Sportifitas

Internasional / 11 June 2010

Kalangan Sendiri

Perjudian di Piala Dunia, Jegal Sportifitas

Puji Astuti Official Writer
2651

Piala Dunia, ajang sepakbola internasional yang dimulai hari Jumat (11/6) sudah dinantikan para penggemar sepakbola. Tapi ajang yang mengutamakan sportifitas ini, juga menjadi ajang perjudian. Dalam pemberitaan yang dirilis oleh VIVA News Kamis (10/6) lalu,  di Inggris saja diperkirakan sekitar 1 miliar pound sterling atau Rp. 13,4 triliun di pertaruhkan secara online.

Jika di Inggris hal ini legal, tidak demikian di Indonesia. Polri telah mengirimkan telegram ke polda-polda untuk mengantisipasi munculnya perjudian.

“Kita sudah kirimkan telegram (intruksi) ke wilayah-wilayah," kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Ito Sumardi, Kamis (10/6) seperti yang dikutip oleh Kompas.com

Para pemuka agama pun mulai mencermati hal ini, karena judi selain melanggar hukum hal tersebut dipandang sebagai dosa oleh norma agama. Sekalipun Alkitab tidak pernah menulis secara spesifik tentang perjudian, namun beberapa hal yang harus di ingat adalah:

  1. Alkitab menuliskan bahwa bekerja adalah cara yang Tuhan mau bagi manusia untuk menghasilkan uang (II Tesalonika 3: 11-12).
  2. Bumi dan segala isinya adalah milik Allah, demikian juga dengan uang dan harta benda yang Anda miliki (Mazmur 24:1). Kita harus mempertanggung jawabkan bagaimana kita menggunakan uang kita kepada Tuhan. Jika di gunakan untuk berjudi, kira-kira bagaimana respon Tuhan? Kita bisa berkaca pada kisah ilustrasi yang Yesus ceritakan di Matius 25.
  3. Tuhan mempercayakan harta dalam hidup kita untuk suatu tujuan:
    -   Memenuhi kebutuhan dasar kita
    -   Membentuk karakter kita (Filipi 4:10-13)
    -   Membantu orang lain yang membutuhkan (2 Korintus 8:14).
  4. Penulis kitab Amsal memperingatkan bahwa bencana menanti orang yang ingin cepat kaya (Amsal 28:20,22).

Jika Piala Dunia adalah momen dimana para pemain sepakbola bermain dengan menunjukkan sportifitasnya, mari para supporter berikan dukungan dalam bentuk yang positif. Selamat menikmati pesta sepakbola dunia.

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami