Gara-gara iPad, Apple Dipuji Organisasi Tunanetra

Nasional / 6 June 2010

Kalangan Sendiri

Gara-gara iPad, Apple Dipuji Organisasi Tunanetra

Budhi Marpaung Official Writer
2939

Hati Steve Jobs sedang senang hari-hari ini, pasalnya produk buatan Apple yakni iPad baru saja mendapat pujian dari sebuah organisasi tunanetra di Inggris Royal National Institute of Blind People (RNIB).

RNIB menganggap aksesibilitas fitur yang dibangun ke iPad, membuatnya lebih mudah digunakan untuk orang-orang buta.

"Ketika menawarkan aksesibilitas di produknya untuk memudah kaum tunantera, Apple telah menetapkan standar dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang saatnya produsen lainnya untuk mengikuti jejak mereka," kata Robin Spinks, Principal Manager of Digital Accessibility di RNIB, seperti yang dilansir Telegraph, Jumat (4/6) lalu.

Menurutnya, iPad mempunyai sejumlah fitur yang memudahkan orang cacat atau keterbatasan fisik untuk menggunakan perangkat ini, seperti kemampuan untuk meningkatkan ukuran teks, opsi untuk mengubah warna latar belakang layar, dan yang penting software suara untuk membaca kata-kata yang muncul di layar.

Fitur suara tersebut terdapat di eBook, ini memungkinkan para pengguna iPad mengunduh puluhan judul dari iBookstore Apple dan menikmatinya dengan suara keras.

Akses fitur dapat diaktifkan oleh pengguna saat pertama kali mereka mendaftar iPad mereka melalui iTunes. 

Pujian yang diberikan oleh RNIB terhadap Apple merupakan pembuktian bahwa perusahaan saingan Microsoft tersebut sedang mendapat hati di mata konsumen pecinta dunia gadget.

Sebelumnya, Apple mencatatkan tinta manis pada bursa saham Rabu (26/5) lalu dimana ketika pada penutupan saham, nilai saham perusahaan yang terkenal dengan produk iPod dan iPad-nya itu mencapai US$ 223 miliar. Nilai saham Apple ini lebih besar daripada Microsoft yang meraih US$ 219 miliar. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, perusahaan Steve Jobs lebih berharga dibanding perusahaan teknologi yang sempat dipegang Bill Gates yang kini lebih banyak terjun ke dalam bidang sosial.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami