Hemat BBM, Hemat Uang Anda

Investment / 5 June 2010

Kalangan Sendiri

Hemat BBM, Hemat Uang Anda

Lois Official Writer
2797

Buat Anda yang mempunyai kendaraan bermotor, biasanya masalah utama Anda adalah harga BBM yang terus naik setiap tahunnya. Tips kali ini, kita akan mencari tahu cara agar dapat menghemat penggunaan BBM, yang otomatis dapat membuat keuangan Anda lebih hemat yaitu :

- Cek kondisi mobil secara teratur, termasuk di dalamnya ganti oli dan tune up.

- Periksa ban. Selalu periksa tekanan dalam ban. Ban yang kempes / kurang angin dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar hingga 0.4 persen. Apalagi saat ini di berbagai pom bensin disediakan isi angin gratis. Anda dapat memanfaatkan layanan ini untuk merawat ban Anda.

- Karat pada slinder roda juga dapat membuat mesin boros.

- Gunakan oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

- Jangan nyalakan mesin mobil terlalu lama, jika tidak digunakan.

- Periksa saringan udara mobil. Saringan udara yang rusak akan menghambat masuknya udara dan berubah fungsi sebagai chuck. Chuck hanya dipakai bila pagi hendak menghidupkan kendaraan dengan memperbesar volume bahan bakar.

- Periksa kabel busi dan distributor (delko). Platina yang berada di dalam distributor akan memberi arus kepada koil. Dari koil arus tegangan tinggi dikirim kembali ke distributor, seterusnya dibagi ke setiap busi. Karena arus tegangan tinggi, kerusakan pada kabel busi atau tutup distributor dapat mengacau api untuk busi.

- Periksa juga klep saluran BBM karena klep yang terlalu rapat dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar karena pembakaran menjadi tidak sempurna.

- Penyetelan kopling yang salah akan besar pengaruhnya pada pemakaian bahan bakar.

- Rajin-rajinlah mengecek karburator. Pencampuran bahan bakar dengan udara sangat penting dalam kaitan efisiensi.

- Mengemudi dengan baik. Ngebut terus rem, ngebut lagi ala sopir metromini hanya akan membuat boros penggunaan BBM, selain memungkinkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

- Hindari membawa barang di atap kendaraan dan kelebihan berat membawa beban dalam mobil.

- Saat menyetir, coba untuk mengubah gigi (atas) tanpa gas saat naik ke RPM yang lebih tinggi – tentu tidak lebih dari 2.5k RPM (2500 putaran per menit). Banyak orang memperlama perpindahan gigi pertama, kedua dan ketiga bahkan lebih dari itu karena mereka ingin menumpuk kecepatan. Hal ini dapat Anda lihat pada saat mobil saling mendahului di setiap jalur, sehingga bensin yang dipakai lebih boros.

- Hindari kemacetan dan penggunaan kopling terlalu banyak

- Hindari membeli mobil sport dan mobil otomatis jika ingin hemat BBM

Dari hal-hal kecil seperti ini, Anda dapat lebih menghemat BBM mobil Anda. Semoga bermanfaat!

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami