Animator

Career / 4 June 2010

Kalangan Sendiri

Animator

Lois Official Writer
7322

Animator adalah seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film, televisi, video games, dan internet. Biasanya, sebuah karya animasi membutuhkan beberapa animator. Cara kerja dalam menciptakan gambar tersebut, sangat bergantung dari gaya dan keahlian mereka.

Seniman yang lain, selain bukan animator dapat membantu untuk menciptakan kartun animasi, termasuk seniman layout (yang mendesain latar belakang, pencahayaan, dan sudut tangkap kamera), seniman dalam bidang naskah (yang bertanggung jawab dalam pembuatan naskah), dan seniman bidang latar belakang (yang menggambar ‘latar belakang’). Ada juga aktor bidang suara, pemusik, dan talenta lain yang dibutuhkan untuk memberikan kekuatan pada sebuah animasi.

Animator dibagi menjadi :

-         Animator karakteristik (seniman yang spesialisasinya dalam gerakan animasi, dialog, akting, dan lain-lain)

-         Animator spesial efek (seniman yang menganimasi semua hal yang bukan termasuk tokoh dalam animasi, seperti kendaraan yang digunakan, mesin, dan fenomena alam seperti hujan, salju, dan air.)

-         Dalam perusahaan produksi yang besar, ada animator yang mempunyai asisten disebut dengan seniman pembersih yang bertugas untuk melukis sambungan agar menjadi suatu animasi yang berkesinambungan dan juga melukis ulang setiap sketsa yang masih dibuat kasar.

Metode pada jaman dulu dalam membuat animasi, dibutuhkan waktu yang sangat lama. Setiap frame (dalam frame ini terdapat satu gambar) yang sudah digambar, diubah menjadi seluloid dimana akan ditelusuri dan diberi warna. Tahapan terakhir adalah gambar-gambar ini akan ditempatkan bersama dan dibuat film, satu frame dalam satu waktu. Kartun jaman sekarang bisa dibuat dengan berbagai macam cara, kebanyakan menggunakan computer untuk membuat animasi yang murah dan cepat, sekaligus dapat membuat animator lebih kreatif.

Animasi yang diciptakan dapat berbentuk 2D maupun 3D. Walaupun sekarang ini animasi diciptakan menggunakan komputer, hal terutama yang harus Anda miliki bila ingin menjadi animator adalah kemampuan dasar Anda dalam menggambar yang disertai dengan kemampuan Anda dalam menggunakan komputer.

Bagaimana dengan gaji? Bagi freelance, uang yang ditawarkan sangat bervariasi. Di Amerika, animator yang baru ditawarkan sebesar Rp 1.5 juta. Selain itu, Anda juga menerima bonus pada saat proyek selesai yang besarnya hampir sama dengan gaji setahun, khususnya di bidang game komputer. Sangatlah penting untuk membangun hubungan dan meningkatkan pengalaman kerja Anda agar Anda maju dalam bidang animasi ini.

Jam kerja dalam bidang ini relatif, terkadang Anda harus lembur dan memakai hari libur Anda untuk mengerjakannya. Jadi, bila Anda ingin bekerja sebagai animator, Anda harus kuliah di bidang animasi, grafik design, 3D design, kesenian dan design, film dan video, multimedia, dan komputer grafik. Bagi Anda yang akan lulus, disarankan untuk mulai menyusun portfolio Anda dengan bekerja paruh waktu dimana ketrampilan animasi Anda dibutuhkan, di bidang animasi apa yang Anda inginkan.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami