Apakah Itu Personal Meaning?

Psikologi / 2 June 2010

Kalangan Sendiri

Apakah Itu Personal Meaning?

Lois Official Writer
11431

Sebenarnya apakah itu personal meaning? Personal meaning dianggap sebagai salah satu hal penting yang menggerakkan individu mencapai prestasi. Frankl (dalam Wiebe, 2001) memandang bahwa seseorang yang memiliki personal meaning yang positif dalam kehidupan, berkontribusi kepada harapan dan optimisme dan menghargai masa buruk dalam kehidupan. Personal meaning diyakini dapat membantu memunculkan kebangkitan diri individu dari keadaan yang tidak diinginkan.

Personal Meaning dalam beberapa perspektif

1. Perspektif Relativitas

Battista dan Almond menemukan 4 hal yang biasa ditemukan yang berhubungan dengan personal meaning, yaitu :

-         Orang yang percaya bahwa hidupnya bermakna, secara positif pasti meyakini konsep-konsep tertentu, seperti humanistic, religiusitas, atau ideology tertentu yang berhubungan dengan makna kehidupan.

-         Konsep meaning yang mereka yakini, memunculkan kekonsistensian mereka untuk mencapai arah dan tujuan hidup mereka.

-         Orang yang percaya bahwa hidup mereka bermakna, entah hidup mereka sudah bermakna atau mereka yang masih berusaha mencapai tujuan hidupnya.

-         Dalam proses mencapai tujuan hidup yang mereka buat, dalam diri seseorang, akan muncul perasaan signifikan pada diri mereka sendiri dan rasa bangga terhadap kehidupan mereka.

2. Perspektif Eksistensial

Personal meaning menurut perspektif eksistensialis didasarkan dari berbagai pemikiran filosofi, psikiatri, dan psikolog. Penganut eksistensialis sangat meyakini pengalaman seseorang, pada waktu dan situasi tertentu.

-         Menurut Sartre, eksistensialisme sebagai humanisme adalah ajaran yang menghargai kehidupan manusia dan bahwa setiap kebenaran dan tindakan mengandung keterlibatan lingkungan dan subjektifitas manusia. Manusia memiliki kebebasan, kemerdekaan, dan makhluk pribadi yang otonom. Kebebasan bagi Sartre adalah absolute, tidak ada batas bagi kebebasan selain batas yang ditentukan kebebasan itu sendiri. Sartre menekankan bahwa manusia harus bertanggung jawab terhadap keputusan yang dipilihnya. Individualitas dan personalitas manusia menjadi penting.

-         Omoregbe mengatakan implikasi dalam sikap dan tindakan humanis, memberikan dan membawa jalan keluar yang fundamental untuk mentransendensi atas dunia, menumbuhkan semangat keberanian manusia untuk berbuat lebih kreatif dan progresif dalam usaha meraih hidup yang lebih tinggi, memberi peluang kepada setiap pribadi manusia untuk mengembangkan diri.

Definisi Meaning

1. Menurut Maslow

Meaning dialami dari aktualisasi diri, individu yang termotivasi untuk mengetahui alasan atau maksud dari keberadaan dirinya. Setiap individu memiliki dorongan untuk memenuhi kebutuhannya dari yang sederhana sampai kebutuhan yang kompleks. Aktualisasi diri adalah pencapaian suatu potensi terbesar dalam diri, menjadi yang terbaik yang dapat dilakukannya, dan mencapai tujuan hidupnya.

2. Menurut Baumeister

Meaning mengandung beberapa bagian kepercayaan yang saling berhubungan antara benda, kejadian, dan hubungan. Baumeister menekankan bahwa meaning pada akhirnya memberikan arahan, intensi pada setiap individu, dimana perilaku jadi memiliki tujuan daripada hanya berperilaku berdasarkan insting.

3. Menurut Frankl

Meaning sebagai pengalaman dalam merespon tuntutan dalam kehidupan, menjelajahi dan meyakini adanya tugas unik dalam kehidupannya, dan membiarkan dirinya mengalami keseluruhan meaning. Setiap individu memiliki kapasitas untuk melawan lingkungan luar yang sulit, menahan dorongan fisik maupun psikologis untuk masuk ke dalam dimensi baru dari eksistensi diri. Dimensi baru di sini adalah hal-hal mengenai meaning dan meliputi dorongan untuk menjadi bernilai dalam kehidupan.

4. Menurut Reker

Personal meaning adalah memiliki tujuan hidup, memiliki arah, rasa memiliki kewajiban dan alasan untuk eksis, identitas diri yang jelas dan kesadaran sosial yang tinggi.

Personal meaning dibutuhkan oleh kita sebagai manusia, secara sadar ataupun tidak sadar untuk dapat menjadikan kehidupan kita lebih baik lagi. Personal meaning muncul dari dalam diri kita untuk mencapai hal-hal yang lebih tinggi lagi.

Sumber : rumahbelajarpsikologi/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami