Serba-Serbi Lengkap Tentang Vitamin (2)

Gizi & Nutrisi / 30 May 2010

Kalangan Sendiri

Serba-Serbi Lengkap Tentang Vitamin (2)

Lois Official Writer
5573

Walaupun Anda sudah terbiasa mendengar berbagai vitamin dan kegunaannya, Anda perlu menyimak yang satu ini. Kali ini, akan dibahas lanjutan vitamin B dan seterusnya...

Vitamin B5

Vitamin B5 atau dikenal dengan pantothenic acid berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme, seperti pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak ke dalam bentuk energi. Peranan lainnya yaitu menjaga komunikasi antara sistem saraf pusat dan otak. Dapat ditemukan di berbagai jenis variasi makanan hewani, mulai dari daging, susu, ginjal, kentang, dan hati hingga sayuran hijau dan kacang hijau.

Kekurangan vitamin ini juga menyebabkan kulit pecah-pecah dan bersisik, keram otot, dan kesulitan tidur. Saat ini belum diketahui berapa dosis yang tepat, namun Anda bisa mendapatkan vitamin B5 ini dalam 200 mg atau lebih.

Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksin berperan untuk menghasilkan energi dan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibody. Vitamin ini sangat mudah didapat karena berasal dari beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, keram otot, dan insomnia. Vitamin ini merupakan vitamin yang larut dalam air, untuk pria Anda butuh 1.4 mg dan untuk wanita 1.2 per hari. Belum ada dosis tepat untuk vitamin ini, namun setidaknya mengkonsumsi 10 – 200 mg kemungkinan tidak menyebabkan bahaya.

Vitamin B7

Disebut juga Biotin dan juga vitamin H berfungsi untuk organ manusia. Biotin membantu meningkatkan senyawa lemak asam dalam metabolisme energi and juga dalam asam amino dan glukosa. Biotin menyediakan koenzim yang penting untuk metabolisme.

Vitamin ini memegang peranan penting untuk lemak, protein dan karbohidrat, yang terdapat pada hati, telur dan campuran buah-buahan. Bagi orang dewasa, biotin yang dibutuhkan sebesar 0.01 mg sampai 0.02 mg per hari. Jangan konsumsi biotin lebih dari 0.9 mg per hari.

Vitamin B9

Disebut juga asam folat yang larut dalam air, berfungsi mempertahankan nutrisi dalam makanan, berperan penting untuk pertumbuhan tubuh dalam sel dan DNA. Pertumbuhan anak-anak, orang hamil, dan ibu menyusui sangat memerlukan vitamin ini. Vitamin B9 atau asam folat ini terdapat pada hati, bekerja sama dengan vitamin B12 untuk kesehatan darah merah Anda.

Kebanyakan orang harus mengkonsumsi makanan dari berbagai kombinasi dengan ukuran 0.2 mg per hari untuk memenuhi asam folat ini. Jangan mengkonsumsi lebih dari 1 mg.

Vitamin B12

Vitamin ini disebut sebagai sianokobalamin merupakan jenis vitamin yang khusus diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan pada tanaman, yang berperan dalam pemeliharaan kesehatan sel saraf, pembentukan molekul DNA dan RNA. Telur, hati, dan daging merupakan sumber makanan yang baik buat vitamin B12. kekurangan vitamin ini menyebabkan anemia, mudah lelah, dan iritasi kulit. Kebutuhan vitamin ini bagi orang dewasa adalah 0.0015 mg per hari. Jangan konsumsi lebih dari 2 mg per hari.

Vitamin B13

Dikenal juga sebagai orotic acid (OA) atau juga pyrimidinecarboxylic acid yang merupakan pengganti bila kekurangan vitamin B12, jadi jumlah yang dikonsumsi sama seperti B12. sumbernya berasal dari akar tumbuhan / sayuran. Vitamin ini juga berperan dalam perputaran urea dalam tubuh atau kelainan genetic lainnya, dan pengganti DNA dan RNA Orotic acid sering dipakai sebagai bahan kosmetik, di dunia kesehatan, sebagai makanan suplemen dan dalam penelitian biologi.

Vitamin B15

Vitamin B15 atau Pangamic acid, atau dimethylglycin (DMG) adalah vitamin yang larut dalam air. Vitamin B15 diambil dari intestine dan didistribusikan oleh sirkulasi ke liver dan diubah menjadi glicine. Berperan untuk menurunkan tekanan darah dan mencukupi kebutuhan protein. Berguna bagi pertumbuhan normal dan kegiatan otak, pigmen rambut dan pertumbuhan rambut, menyembuhkan keletihan tubuhm dan berperan untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit autis, sakit jiwa, Alzheimer, hati rusak, diabetes, liver, keracunan pada organ tubuh, dan atlit yang cedera. Sumbernya terdapat pada beras merah, labu, kuaci, dan darah sapi. Jangan gunakan lebih dari 200 mg per hari.

Vitamin B17

Dikenal dengan laetrile atau juga amygdalin, ditemukan dalam buahan (apel, peach, jeruk, plum, apricot) dan kacang, bahkan biji apel kaya akan vitamin ini. Bila dimasak, maka vitamin B17 tidak akan hilang dari sumber makanannya. Laetrile bisa melepaskan cyanide yang diubah oleh liver menjadi thiocyanate. Membantu dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit. Vitamin ini bermanfaat untuk anti kanker dalam tubuh manusia. Walaupun diakui oleh penemunya sebagai salah satu vitamin, namun pada dasarnya tidak diketahui berapa jumlah yang pas untuk mengkonsumsi vitamin ini.

Vitamin C

Vitamin C (asam askorbat) berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang berfungsi sebagai penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, juga berperan dalam penutupan luka. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian. Kelebihan vitamin C dapat menyebabkan batu ginjal, gangguan saluran pencernaan, dan rusaknya sel darah merah. Konsumsi vitamin C yang normal adalah sebesar 40 mg per hari. Jangan mengkonsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari.

Vitamin D

Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). Sumber lainnya terdapat pada ikan, telur, susu serta produk olahan seperti keju. Bagian tubuh yang paling banyak dipengaruhi vitamin ini adalah tulang. Kekurangan vitamin ini akan membuat tubuh mengalami pertumbuhan kaki tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X. Selain itu, gigi akan mudah mengalami kerusakan dan otot mengalami kekejangan, penyebab kerapuhan tulang. Kelebihan vitamin D menyebabkan tubuh mengalami diare, berat badan berkurang, muntah-muntah, dan dehidrasi.

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, maka Anda harus mengkonsumsi vitamin D sebesar 10 micrograms (0.01 mg) setiap harinya, begitu juga bagi Anda yang sudah berusia senja. Jika Anda orang Asia, selalu menutupi tubuh Anda saat berada di luar, jarang keluar ruangan, tidak makan daging atau ikan, Anda juga perlu 0.01 mg vitamin D. Jangan konsumsi vitamin D lebih dari 0.025 mg.

Vitamin E

Berperan menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah, hingga hati. Vitamin E juga berfungsi melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. Kerja vitamin E di dalam tubuh berperan sebagai senyawa antioksidan alami. Sumber vitamin E adalah ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh, antara lain kemandulan baik bagi pria maupun wanita. Saraf dan otot pun akan mengalami gangguan yang berkepanjangan. Setiap harinya bagi pria butuh 4 mg vitamin E, sedangkan wanita 3 mg. Namun, jangan konsumsi vitamin ini lebih dari 540 mg.

Vitamin K

Berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupan luka. Kita perlu banyak mengkonsumsi susu, kuning telur, dan sayuran segar yang merupakan sumber vitamin K seperti brokoli dan bayam. Vitamin K juga diproduksi oleh bacteria yang ada di dalam tubuh kita.

Vitamin K merupakan vitamin larut dalam lemak sehingga jumlah yang Anda butuhkan cukup 0.001 mg dari setiap kilo berat tubuh Anda. Jika berat Anda 65 kg, maka vitamin K yang Anda butuhkan adalah 0.065 mg.

Kegunaan vitamin K adalah mempercepat penyembuhan jika ada luka dalam tubuh, vitamin K juga diperlukan untuk memperkuat tulang. Saat ini belum ada indikasi tertentu jika seseorang kelebihan vitamin K namun jangan konsumsi vitamin ini lebih dari 1 mg.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami