Tiga Bocah Alami Luka Berbelatung

Nasional / 29 May 2010

Kalangan Sendiri

Tiga Bocah Alami Luka Berbelatung

Puji Astuti Official Writer
3609

Tiga orang anak di daerah Kabupaten Mamuju ditemukan mengalami luka di tubuhnya yang ditumbuhi belatung karena tidak mendapakan perawatan medis.  Hal ini ditemukan oleh aktivis Celebes Development  Wach (CDW)Provinsi Sulawesi Barat.

"Tiga kasus bocah dengan luka yang ditumbuhi ulat merupakan bukti tidak maksimalnya pelayanan kesehatan yang dilakukan pemerintah di Kabupaten Mamuju," demikian ungkap Diretur Eksecutive CDW Sulbar, Amran kepada Antara News.

Ketiga bocah itu adalah Harnita (12), warga Desa Sese, Kelurahan Simboro Kepulauan (Simkep) yang kemudian di rawat di RSUD Mamuju. Lalu Edy yang baru berumur 14 bulan, warga Kelurahan Binanga, sera Ummi Darmianty warga Desa Tarinding, Kecamatan Tabulahan, Mamasa yang mengalami luka di kepalanya dengan ratusan belatung didalamnya.

Sebenarnya luka pada ketiga bocah itu awalnya luka biasa, namun tidak mendapat perawatan medis sehingga mengalami infeksi dan menjadi bisul yang ditumbuhi belatung.

CDW meminta Pemkab Mamuju memberikan perhatian serius dalam masalah pelayanan kesehatan masyarakat, terutama program kesehatan gratis bagi masyarakat tidak mampu.

Pelayanan kesehatan saat ini yang sangat mahal membuat rakyat miskin menderita. Yang perlu menjadi perhatian selain pelayanan kesehatan yang terjangkau, juga perlu untuk memberikan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.

 

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami