SynCardia Ciptakan Jantung Artificial Portabel

Nasional / 27 May 2010

Kalangan Sendiri

SynCardia Ciptakan Jantung Artificial Portabel

Daniel Official Writer
2774

Charles Okeke (43), seorang pria asal Phoenix, Arizona, Amerika Serikat mungkin adalah manusia pertama yang mengunakan jantung buatan portabel untuk mendukung hidupnya. Jantung buatan portabel yang diberi nama Total Artificial Heart  ini dibuat oleh SynCardia, sebuah perusahaan perangkat kesehatan dan dijual seharga US$125.000 dengan biaya perawatan US$18.000 per tahun.

Dengan berat 6 kilogram, jantung buatan ini didukung sebuah baterai, dan dilengkapi empat katup. Alat ini akan menggantikan peran ventrikel-ventrikel jantung untuk memompa darah ke berbagai organ lain seperti hati, atau ginjal. Total Artificial Heart merupakan jantung buatan terkecil di dunia dan pemakaiannya telah disetujui oleh Food and Drug Administration Amerika Serikat.

Berkat alat ini, Okeke kini bisa meninggalkan rumah sakit RS Mayo Clinic Phoenix dan pulang ke rumah yang telah ia tinggalkan selama dua tahun. Ia bisa beraktivitas lebih leluasa, karena jantung buatannya kini bisa ia bawa ke mana-mana di dalam tas rangselnya. Alat ini akan digunakan sampai Okeke mendapatkan donor jantung yang tepat. Okeke mengaku sangat bahagia karena bisa terlepas dari sebuah mesin jantung seukuran mesin cuci yang selama dua tahun digunakan untuk menyuplai darah ke tubuhnya. Meskipun manusia bisa menciptakan jantung buatan, hal ini tetap tidak bisa menyaingi buatan Tuhan. Sayangilah jantung Anda!

Sumber : vivanews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami