Wah... Motor Dilarang Pakai Bensin Premium

Nasional / 26 May 2010

Kalangan Sendiri

Wah... Motor Dilarang Pakai Bensin Premium

Puji Astuti Official Writer
2392

Upaya pembatasan penggunaan bahan baker bersubsidi terus dilakukan pemerintah. Dua jenis bahan bakar bersubsidi yang akan dibatasi itu adalah premium dan solar.

Pemerintah saat ini sedang membahas Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk melarang kendaraan yang diproduksi setelah tahun 2005 atau 2007 tipe baru untuk membeli bahan bakar bersubsidi. Pilihan lainnya, adalah hanya kendaraan berplat kuning yang boleh membeli bahan bakar bersubsidi. Usulan dari Gaikindo, mobil sedan atau mobil mewah dalam definisi Gaikindo tidak akan diperbolehkan menggunakan bahan bakar bersubsidi.

Namun hal yang akan memberatkan rakyat kebanyakan adalah adanya wacana untuk melarang pengendara kendaraan bermotor untuk membeli premium, hal ini tengah di kordinasikan dengan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Menurut pendapat Wakil Ketua AISI Johanes Loman, motor kebanyakan digunakan oleh masyarakat menengah ke bawah, oleh sebab itu pelarangan penggunaan premium ini sebaiknya dikaji kembali.

Berdasarkan penjelasan Direktur Jenderal Minyak dan Gas, Evita Herawati Legowo pemerintah berusaha menekan penggunaan bahan bakar bersubsidi dalam rangka menekan defisit APBN. Saat ini kuota dalam APBN hanya 36,5 juta kiloliter, jika tidak ada pembatasan maka akan terjadi pembengkakan hingga 40,5 juta KL hingga akhir 2010 nanti.

Sumber : Viva News
Halaman :
1

Ikuti Kami