Selada, Sayuran Penghias Penuh Manfaat

Selada, Sayuran Penghias Penuh Manfaat

Daniel Official Writer
5630

Selada lebih dikenal sebagai sayuran penghias makanan, namun sebenarnya selada memiliki kandungan gizi yang cukup kaya dan sangat baik bagi kesehatan. Selada kaya akan kandungan vitamin A, C, E, K, betakaroten, seng, asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, dan natrium. Daun selada juga mengandung bioflavonoid yang berfungsi hampir sama dengan vitamin C, yaitu mempertahankan fisik agar tetap awet muda. Selain itu, bioflavonoid berfungsi membantu mempertahankan kekuatan pembuluh darah agar tidak mudah pecah. Karena itu, daun selada sangat baik untuk mencegah penyakit stroke.

Sayuran dengan nama lathin Lactuca sativa ini terbukti dapat melindungi paru, mencegah kanker dan stroke, memelihara hati, serta mengatasi anemia dan bronkitis. Selada mengandung komponen antioksidan lengkap dan cukup tinggi, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi racun tubuh. Selain itu, selada juga terbukti mampu mengobati tuberkulosis, kudis, dan bersifat antibakteri.Kandungan PEITC (phenethyl isothiocynate) merupakan agen kemopreventif pelawan kanker paru yang berkhasiat menangkal radang selaput lendir pada saluran pernapasan.

Selada juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing pada anak-anak, peluruh dahak, pencahar, peningkat stamina. Berguna pula dalam mengatasi anemia, eksim, gangguan ginjal dan lever, tumor, bisul, dan kutil karena kaya akan antioksidan dan fitiokimia. Dalam pengobatan tradisional, daun selada air segar digunakan untuk membersihkan darah dan mengobati pasien yang mengalami gangguan metabolik kronis serta astenia (kelemahan). Daun selada air yang dilumatkan lalu digunakan sebagai masker wajah bisa mengatasi jerawat, bintik-bintik, atau noda hitam. Selada biasanya disajikan dalam keadaan mentah sehingga Anda harus memperhatikan proses pencuciannya agar tidak tercemar oleh bakteri.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami