Naomi Campbell : Penerima 'Berlian Berdarah'

Nasional / 23 May 2010

Kalangan Sendiri

Naomi Campbell : Penerima 'Berlian Berdarah'

Lois Official Writer
4259

Naomi Campbell, yang selama ini dikenal sebagai model kelas dunia, dijadikan tersangka karena menerima ‘berlian berdarah’ dari mantan presiden Liberia Charles Taylor.

Campbell diminta untuk bersaksi bahwa dia diberi oleh mantan presiden Charles Taylor sebuah berlian yang besar pada saat berlangsung perjamuan makan malam di Afrika Selatan tahun 1997 yang diselenggarakan oleh mantan presiden Nelson Mandela.

Berlian Berdarah ini diperebutkan dalam berbagai belahan Afrika dan digunakan untuk membiayai perang. Keterlibatan Campbell terjadi setelah Miss Farrow, yang pada tahun 1997 juga makan malam di rumah mantan presiden Mandela, mengungkapkan bahwa Campbell menerima berlian tersebut.

“Setelah malam, beberapa orang yang mewakili Presiden Charles Taylor, mengetuk pintu kamar Campbell dan memberikannya berlian besar itu. Dan kukatakan pada diriku, ‘Wow, betapa menakjubkan hidup yang dipunyai Campbell.’ Mungkin banyak pria yang selalu memberikannya berlian dan dia (Campbell) memberikannya untuk disumbangkan kepada yayasan anak-anak milik Nelson Mandela dan aku tidak berpikir lanjut tentang itu.” Tutur Miss Farrow menjelaskan.

Taylor sendiri dinyatakan tidak bersalah dari 11 tuduhan yang dilontarkan padanya dalam kejahatan dan perang kemanusiaan tahun 1991-2001 pada saat perang sipil di Sierra Leone. Dia dituduh menyediakan pasokan senjata kepada Revolutionary United Front (RUF) dengan menukar blood diamond tersebut. RUF sendiri dinyatakan bersalah dalam memutilasi tangan dan lengan ribuan rakyat.

Sumber : telegraph/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami