Mengapa Stres Itu Perlu? Ini Alasannya..

Mengapa Stres Itu Perlu? Ini Alasannya..

Puji Astuti Official Writer
2813

Anda baru saja tiba di rumah dengan rasa lelah dan penat karena kesibukan di kantor, lalu tiba-tiba istri sudah menarik Anda ke kursi dan menumpahkan uneg-unegnya tentang si kecil yang tidak bisa di atur.. Anda merasa stres? Tunggu dulu, mungkin stres bukanlah hal yang buruk.

Jika stres yang berlebihan di kaitkan dengan sakit jantung dan darah tinggi, sebuah riset menemukan tingkat  stres yang normal akan meningkatkan kesehatan Anda.

“Efek positif dari stres kadang tidak dihargai,” demikian ungkap Ken Robbins, MD, professor bidang psikiatri di Universitas Winconsin-Madison.

Beginilah stres berperan bagi kesehatan Anda : ketika Anda stres, saraf Anda akan melepaskan hormon, termasuk hormone adrenalin yang akan meningkatkan detak jantung Anda dan menambah energi dan cortisol, yang meningkatkan jumlah glokosa dalam aliran darah. Tapi jika tubuh Anda kelebihan kimia ini selama seminggu atau sebulan, maka Anda akan terlihat sakit.

Namun jika Anda hanya beberapa saat saja stresnya, maka ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan :

Pintar

Stres akan membuat Anda tambam pintar, demikian ungkap sebuah riset dari Universitas Rockefeller di New York City dan menurut Universitas Buffalo, stres akan meningkatkan daya ingat Anda. Jadi jika Anda tidak bisa tidur, duduk dan tulislah apa yang ada dikepala Anda.

Hubungan lebih dekat

Ketika Anda stres, tubuh Anda memompa oxytocin, hormone yang memfasilitasi rasa terhubung. “Ketika wanita sedang stres, dia akan mencari dukungan dari lingkungan sosialnya,” demikian ungkap Paul Rosch, MD, FACP, professor bidang pengobatan klinik dan psikiatri di New York Medical College.

Meningkatkan imunitas

Stres membuat tubuh Anda meningkatkan sistem imunitasnya, dalam efek jangka panjang, demikian hasil penelitian Stanford School of Medicine.

Nah, stres tidak selalu buruk kan.. Asalkan tidak berkepanjangan dan Anda bisa mengelolanya maka stres akan berdampak baik bagi tubuh Anda.

Sumber : Health.com
Halaman :
1

Ikuti Kami