Tuai Ribuan Protes, Facebook Terancam Diblokir

Nasional / 20 May 2010

Kalangan Sendiri

Tuai Ribuan Protes, Facebook Terancam Diblokir

Daniel Official Writer
4130

Facebook terancam diblokir setelah dihujani ribuan protes terkait diadakannya sebuah kompetisi untuk mendesain kartun Nabi Muhammad SAW di salah satu URLnya. Kompetisi yang bertema "Everybody Draw Mohammed Day" langsung mendapatkan reaksi keras umat Islam dari berbagai negara.

Di Pakistan, kompetisi itu mendapat reaksi marah dan memicu terjadinya demonstrasi jalanan bahkan  Pengadilan Tinggi Lahore Palistan telah memerintahkan penyedia jasa internet Pakistan untuk memblokir Facebook sejak hari Rabu(19/4) kemarin. Pengguna internet di Pakistan kehilangan akses ke Facebook sekitar 2 jam setelah putusan pengadilan tersebut dan baru bisa mengakses kembali pada 30 Mei 2010 ketika kompetisi tersebut berakhir.

Sementara di Indonesia, pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menyatakan akan mengirim surat keberatan ke pengelola laman jejaring sosial Facebook di luar negeri berkaitan dengan kompetisi tersebut. Pemerintah meminta Facebook di Amerika Serikat untuk menutup akun pengirim kompetisi yang dianggap provokatif tersebut.

Namun seorang pakar IT yang juga anggota DPR RI Roy Suryo mengatakan bahwa pemerintah sebaiknya segera bertindak, jangan hanya protes ke Facebook. Pemerintah bisa langsung meminta kepada ISP (penyedia jasa sambungan internet) untuk menutup URL kompetisi tersebut, yang setelah ditelusuri ternyata beralamat di http://www.facebook.com/event.php?eid=113257775375783&ref=ts. Sangat mudah untuk menyulut kemarahan seseorang namun kita sebagai orang Kristen adalah pembawa damai untuk dunia ini.

Sumber : berbagai sumber/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami