Pengganti Sri Mulyani,  Bos Mandiri

Nasional / 20 May 2010

Kalangan Sendiri

Pengganti Sri Mulyani, Bos Mandiri

Budhi Marpaung Official Writer
3092

Terjawab sudah siapakah orang yang akan menggantikan posisi Sri Mulyani sebagai menteri keuangan. Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dalam keterangan persnya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/5) malam, resmi mengangkat Agus Martowardojo sebagai orang nomor satu di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Anny Ratnawati sebagai wakil Menkeu menggantikan Anggito Abimanyu.

Alasan Presiden memilih Agus-Anny adalah karena keduanya dianggap cakap menjalankan tugas-tugas mereka selama ini.

Sebagaimana diketahui, Agus Martowardojo merupakan Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri semenjak Mei 2005. Di kalangan ekonom dan bankir, Agus merupakan tokoh pemimpin yang bertangan dingin dan pandai melobi. Lulusan S1 Fakultas Ekonomi tahun 1984 tersebut berhasil membawa Bank Mandiri keluar dari krisis akibat kredit bermasalah yang mencapai hingga 20 persen. Di tangannya, Mandiri menjadi Bank BUMN nomor satu di Indonesia.

Beda dengan Agus, Anny Ratnawati merupakan pejabat karir di Kementerian Keuangan. Sebelum diangkat sebagai wakil Menkeu, Anny menjabat sebagai Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan. Sosok wanita yang satu ini dikenal kalangan sejawatnya tegas dan disiplin serta tidak terkait praktik politik tertentu.

Sementara itu, Sri Mulyani yang pada 1 Juni 2010 resmi bertugas di Bank Dunia sebagai Managing Director menyambut baik penunjukkan pasangan pemimpin baru di Kemenkeu. Menurutnya, baik Agus dan Anny merupakan sosok yang tepat untuk meneruskan birokrasi reformasi di Kementerian yang akan ditinggalkannya tersebut.

Pelantikan Agus Martowardojo sebagai Menkeu dan Anny Rahmawati sebagai Wakil Menkeu akan dilangsungkan sore ini pada pukul 15:00 Wib di istana Negara.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami