Gill, Untuk Bayar Hutang Dipaksa Jual Ginjal

Internasional / 17 May 2010

Kalangan Sendiri

Gill, Untuk Bayar Hutang Dipaksa Jual Ginjal

Puji Astuti Official Writer
6200

Seorang buruh miskin beragama Kristen di Pakistan, dipaksa oleh majikannya untuk memberikan ginjalnya untuk di jual demi membayar hutang yang dibebankan bunga hingga 400 persen.

John Gill, seorang operator mesin cetak di Shah Plastic Manufacturers di daerah Yauhanabad, Lahore meminjam uang 150.000 rupe (US $ 1.766) dengan bunga 400 persen dari majikannya Ghulam Mustafa di tahun 2007 untuk mengirimkan putrinya yang berusia 17 tahun kuliah. Namun setelah gajinya tiap bulan dipotong selama 3 tahun, dia tidak juga bisa melunasi bunga hutangnya.

"Aku terus membayar cicilan setiap bulan dari gaji saya, tapi setelah tiga tahun saya lelah membayar bunga pinjaman yang besar," demikian ungkap Gill pada Compass Direct.

Mustafa kemudian mengambil alih rumah Gill dan memberi waktu pekerja Kristennya itu untuk membayar bunga pinjamannya. Dan pada 6 Mei, Mustafa mendatangi Gill bersama dengan kira-kira lima orang bersenjata dan mengangkut Gill kerumah sakit Ganga Ram. Disana Mustafa memaksa Gill untuk memberikan ginjalnya untuk di jual ke pasar gelap.

Nilai ginjal itu sekitar 200.000 rupe (US $ 2.380), membuat hutang Gill tinggal 250.000 rupe lagi.

Saat ini Gill sedang memulihkan keadaan dirinya dirumah dan masih belum tahu bagaimana harus melunasi hutangnya.

Mustafa sendiri mengatakan kepada Compass Direct bahwa dia hanya meminta bunga 400 persen kepada orang non-Muslim, sedangkan orang Muslim hanya dikenakan bunga 50 persen.

Gagal ginjal saat ini banyak dialami oleh negara-negara kaya, hal ini disebabkan oleh obesitas maupun darah tinggi, hal tersebut menyebabkan sulitnya mendapatkan donor organ untuk di transplantasi. Celah inilah yang membuat jual beli organ manusia di pasar gelap menjadi marak.

John Gill harus membayar mahal hutang yang dibuatnya demi mengkuliahkan putrinya. Hutang pada lintah darat semacam Mustafa membuat Gill terjerat, bahkan membuatnya harus kehilangan ginjal. Kejadian ini adalah sesuatu yang lazim dimana umat percaya adala minoritas. Mari doakan Gill agar mendapatkan pertolongan Tuhan tepat pada waktunya, dan mari belajar dari kisah Gill untuk tidak jatuh dalam jebakan lintah darat, karena sekali berhutang Anda bisa terlilit hingga membahayakan nyawa Anda dan juga keluarga Anda.

Sumber : Compass Direct
Halaman :
1

Ikuti Kami