Angieslist, Sukses Dibisnis Rekomendasi

Entrepreneurship / 16 May 2010

Kalangan Sendiri

Angieslist, Sukses Dibisnis Rekomendasi

Puji Astuti Official Writer
2880

Salah satu cara marketing yang sangat efektif adalah rekomendasi dari mulut ke mulut. Ketika Anda membutuhkan kontraktor untuk membenahi dapur Anda, agar tidak tertipu maka Anda pasti bertanya pada teman atau saudara, mungkin saja mereka bisa memberikan rekomendasi untuk menemukan kontraktor yang tepat.

Melihat peluang ini, Angie Hicks meluncurkan situs www.angieslist.com, sebuah web yang memberikan ulasan tentang jasa professional seperti kontraktor, dokter, tukang pipa dan berbagai usaha lainnya.

Ide ini berawal saat mentornya semasa ia magang kuliah dulu, Bill Oesterle kesulitan mencari kontraktor untuk rumahnya. Maka Bill dan Angie berpikir harus ada cara lebih baik agar konsumen tidak kesulitan mencari informasi sebuah produk, selain itu konsumen juga bisa berbagai cerita, maka lahirlah Angieslist di tahun 1995.

Angieslist ini awalnya berbentuk majalah cetak, dimana Angie pergi dari pintu ke pintu di daerah Columbus untuk mengumpulkan review konsumen dari teman, tetangga, dan pasar bisnis. Pada tahun pertama saja, ada 1000 orang yang menjadi anggota Angieslist.

Pertumbuhan bisnis ini awalnya agak lambat karena masih manual. Untuk mendapatkan akses informasi perusahaan penyedia layanan lokal, saat itu pelanggan harus menghubungi melalui layanan telephon. Hingga pada tahun 1999, perusahaan ini akhirnya membuat pendekatan yang berbeda dengan menyediakan layanan website yang terpercaya.

Pada tahun 2008, Angielist mulai memperluas kategorinya dari kategori usaha tradisional menjadi lebih spesifik seperti jasa perawatan rumah, rumput dan layanan pribadai. Pada layanan kesehatan, malah ditawarkan berdasarkan peringkat layanan termasuk dokternya.

Saat ini perusahaan ini sudah menjangkau 200 pasar dan memiliki 750.000 anggota. Modal yang ditanamkan pada bisnis ini telah mencapai 50 juta dolar dan merupakan perusahaan yang masuk dalam daftar 500 Inc.

Angie Hicks saat ini menjabat sebagai Chief Marketing Officer, dan menjadikan situs ini merupakan salah satu situs terbaik di Amerika yang menawarkan ulasan terhadap 400 kategori layanan yang berbeda.

Sumber : Womenhomebusiness
Halaman :
1

Ikuti Kami