Akuntansi

Career / 14 May 2010

Kalangan Sendiri

Akuntansi

Lois Official Writer
3660

Akuntansi adalah pembelajaran bagaimana caranya agar pendapatan dan aset bisa meningkat pesar. Selain menyediakan laporan dan mencatat setiap pengeluaran, akuntansi digunakan untuk menentukan kualitas managemen, penentu dalam pengambilan keputusan apakah perusahaan tersebut membutuhkan software tertentu dan bagaimana dapat bekerja dengan efisien, dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah Anda akan belajar bagaimana bisnis bisa berjalan melalui akuntansi.

Ada tiga jenis besar akuntansi yaitu auditing, tax & financial, dan management accounting. Keahlian yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini antara lain, komunikasi dengan orang lain, keahlian menganalisa khususnya buat bagian pajak, dan tentu saja keahlian mengoperasikan computer.

Pertama kali bekerja dalam akuntansi, Anda akan ditempatkan pada posisi pemula. Di dalam pekerjaan ini, yang paling dibutuhkan adalah kerjasama tim. Apabila timnya tidak solid, maka pencatatan akan mengalami kesulitan. Seorang akuntan yang baik akan meningkatkan organisasi tempat dia berada, kemampuan utamanya terletak pada interaksi dengan orang lain.

Berikut kategori dalam akuntansi :

Audit

Bertugas mengecek neraca, laporan bulanan dan bukti-bukti yang berhubungan dengan hal tersebut apakah sesuai. Audit juga yang mengecek laporan dalam perusahaan dan juga yang berhubungan dengan pemerintah. Audit adalah roti sekaligus selai kacang yang Anda makan. Semuanya ada. Anda bisa bepergian dan Anda akan mengerti bagaimana uang bekerja dalam perusahaan.

Analisa Budget

Bertanggung jawab untuk meningkatkan dan mengatur rencana keuangan sebuah perusahaan. Pekerjaan ini sangat membutuhkan keahlian untuk dapat memperkirakan apa yang mempengaruhi budget dan bagaimana mengatasinya agar budget yang dipakai seminim mungkin dengan hasil semaksimal mungkin.

Financial

Menyediakan laporan dari Buku Besar dan keputusan penting keuangan seperti merger dan akusisi, keuntungan dalam suatu rencana dan proyek jangka panjang. Mungkin suatu hari Anda akan seharian berada di belakang meja dan mengerjakan laporan Anda, mungkin di lain hari Anda akan banyak bertemu dengan supplier dan membicarakan masalah bisnis.

Management accounting

Berpartisipasi dalam mengambil suatu keputusan dari budget keseluruhan yang sedang dianalisa. Fungsinya adalah menganalisa biaya, menganalisa suatu kontrak baru, dan memikirkan bagaimana agar biaya dapat dipakai secara efisien.

Pajak

Menyediakan pajak perusahaan dan pajak perorangan setiap bulan dan selama setahun untuk dilaporkan kepada pemerintah. Perusahaan besar mencari karyawan yang bisa akuntansi dan pajak sehingga nantinya mereka dapat lebih menguasai apa yang dibutuhkan agar efisiensi biaya dapat tercapai.

Seorang akuntan dapat bekerja di pemerintahan, kantor konsultan pajak, bekerja di perusahaan-perusahaan umum, maupun mendirikan usaha sendiri (Yang berarti, akuntan tersebut dapat menyediakan laporan keuangan dan pajak bagi pihak yang berkepentingan).

Bagi Anda yang ingin bergerak di bidang perpajakan, jangan lupa untuk mengambil sertifikat yang menyatakan bahwa Anda layak menjadi seorang pakar perpajakan. Sertifikat ini dapat Anda peroleh dari berbagai kursus pajak yang diadakan oleh swasta.

Gaji yang ditawarkan untuk entry level biasanya masih di seputaran gaji UMR (Upah Minimum Regional) tidak termasuk uang makan, transport, dan kebijakan lain yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Semakin tinggi jabatan Anda dan semakin besar tempat perusahaan Anda bekerja, maka semakin besar pula gaji Anda.

Sumber : careers-in-accounting/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami