Cedera Ringan? Ingat PRICE!

Solusi Sehat / 14 May 2010

Kalangan Sendiri

Cedera Ringan? Ingat PRICE!

Daniel Official Writer
3809

Banyaknya aktifitas dalam hidup ini membuat kita sepertinya tidak mungkin menghindar dari resiko cedera. Bekerja, berolahraga, bahkan bermain pun bisa menimbulkan cedera. Anda perlu menangani cedera Anda dengan benar. Untuk cedera ringan Anda bisa tangani dengan PRICE: Protection, Rest, Ice, Compression, dan Elevation.  Ingat PRICE :

1. Protection. Lindungi bagian yang cedera dengan perban elastik, sling, belat, kruk, atau tongkat agar tidak bergerak. Hal ini perlu dilakukan supaya cedera tidak berlanjut. Terlalu banyak bergerak akan membuat proses penyembuhan semakin lama.

2. Rest. Beristirahat sangat diperlukan agar jaringan yang cedera cepat mengalami pemulihan. Meskipun begitu, Anda harus berusaha untuk tetap menggerakkan bagian yang tidak cedera.

4. Ice. Berikan kompres dengan menggunakan es di daerah yang cedera untuk mengurangi nyeri, bengkak atau spasme otot. Tetaplah mengompres hingga bengkak berangsur-angsur menghilang.

5. Compression. Balut daerah yang cedera dengan perban elastis untuk mengendalikan pembengkakan sampai bengkak hilang.

6. Elevation. Letakkan posisi lengan atau tungkai yang bengkak lebih tinggi dari posisi jantung agar bengkak berkurang, terutama pada saat tidur.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami