Inggris Punya Perdana Menteri Baru

Nasional / 12 May 2010

Kalangan Sendiri

Inggris Punya Perdana Menteri Baru

Daniel Official Writer
2378

Tadi malam Selasa(11/5), Ratu Elizabeth II telah menunjuk Pemimpin Partai Konservatif, David Cameron menjadi perdana menteri baru Inggris. Hal ini dilakukan setelah dia menerima pengunduran diri Perdana Menteri Gordon Brown. Demikian dilaporkan CNN. Brown memutuskan untuk mundur setelah Partai Buruh yang dipimpinnya gagal berkoalisi dengan Partai Liberal.

Cameron diharapkan untuk segera membentuk pemerintahan baru. Dalam pertemuannya dengan Ratu Elizabeth itu, Cameron menyatakan keinginannya untuk membentuk pemerintahan koalisi dengan Partai Liberal. Koalisi ini diharapkan bisa memperkuat pemerintahannya karena memiliki mayoritas anggota di parlemen.

Dalam pemilihan umum majelis rendah parlemen Inggris pekan lalu, Partai Konservatif yang berhaluan kanan memenangi jumlah kursi terbesar, tetapi tidak cukup untuk bagi mereka membentuk pemerintahan sendiri. Sementara Partai Buruh yang berhaluan kiri berada di urutan kedua dan Demokrat Liberal di urutan ketiga. Partai Demokrat Liberal telah menjadi kekuatan ketiga yang menentukan dalam peta perpolitikan Inggris saat ini.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami