Manggis, Si Ratu Buah Yang Kaya Nutrisi

Gizi & Nutrisi / 11 May 2010

Kalangan Sendiri

Manggis, Si Ratu Buah Yang Kaya Nutrisi

Daniel Official Writer
4398

Buah Manggis yang memiliki nama lathin Garcinia mangostana L diyakini sebagai buah asli Indonesia. Buah berwarna ungu kehitaman ini dikenal dalam dunia perdagangan  sebagai “Ratu Buah” mendampingi durian, “Raja Buah”. Buah manggis masih berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera. Buah dengan daging buah berwarna putih ini memiliki rasa yang manis dan segar dengan sedikit asam, selain itu buah manggis ternyata menyimpan khasiat pengobatan dan kesehatan.

Manggis mengandung banyak serat dan karbohidrat dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B2, B6 dan C serta berbagai mineral seperti zat besi, kalsium dan kalium. Manggis juga mengandung banyak Xantones. Xantones adalah jenis antioksidan kuat yang akan mengurangi radikal bebas sehingga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat penuaan, dan mengurangi penyakit seperti artritis dan bahkan dapat menyembuhkan alergi, mencegah diabetes, kanker, Parkinson, migrain, bahkan sakit jantung.

Namun perlu diingat, kandungan xanthones dalam buah manggis dapat menghambat pembekuan darah dan memiliki efek seperti obat penenang. Selain buahnya, kulit buah manggis yang mengandung tanin, seringkali diambil ekstraknya sebagai bahan obat untuk mengatasi masalah pencernaan dan dibuat salep untuk mengatasi eksim dan berbagai masalah kulit lainnya. Buah manggis adalah sumber nutrisi yang luar biasa, baik dalam bentuk buah, jus ataupun teh dan suplemen.

Sumber : kapanlagi.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami