Minyak Tumpah Bikin Manusia Susah

Serba-Serbi Sehat / 9 May 2010

Kalangan Sendiri

Minyak Tumpah Bikin Manusia Susah

Puji Astuti Official Writer
2978

Tumpahan minyak di laut akibat meledaknya sebuah pemboran minyak lepas pantai di teluk Meksiko dihawatirkan akan mempengaruhi kesehatan manusia, terutama bagi daerah yang berada tidak terlalu jauh dari perairan tersebut.

“Kita tidak tahu berapa lama tumpahan (minyak –red) ini akan berakhir atau berapa banyak minyak yang tumpah, jadi banyak hal yang kita tidak tahu,” demikian ungkap Dr. Jimmy Guidry, direktur kesehatan negara bagian Lousiana. “Tapi kami akan usahakan hal ini seaman mungkin bagi manusia.”

Sejak terjadinya ledakan pada 20 April lalu yang menyebabkan tewasnya 11 orang itu, sekitar 200.000 galon setiap harinya tertumpah kelaut lepas. Hal ini sangat dikuatirkan karena angin membuat pencemaran semakin melebar dengan cepat.

Lousiana terletak sekitar 130 mill dari tumpahan minyak tersebut, dan kemungkinan besar mereka yang tinggal di sana merupakan yang paling awal yang akan mengalami dampaknya.

Alan Levine, sekretaris dari Departemen Kesehatan dan Rumah Sakit Lausiana telah menerima keluhan dari lusinan orang karena efek dari tumpahan minyak ini.

“Mata mereka seperti terbakar, merasa mual dan mereka mencium bau tak sedap,” demikian ujar Levine.

Saat ini Badan Pengendali Penyakit dan Pencegahan Amerika Serikat telah mulai bekerja untuk menghadapi dampak tumpahan minyak di Teluk Meksiko tersebut.

Sumber : Yahoo
Halaman :
1

Ikuti Kami