Komik Tintin Diprotes Karena  Dinilai Rasis

Nasional / 8 May 2010

Kalangan Sendiri

Komik Tintin Diprotes Karena Dinilai Rasis

Daniel Official Writer
2705

Bienvenue Mbutu, seorang pria asal Kongo yang menetap di Belgia meminta pengadilan Belgia untuk melarang peredaran salah satu komik Tintin yang berjudul Tintin in the Congo. Komik ini dinilai menampilkan stereotipe rasial yang kasar. Ini bukan kali pertama komik tersebut dikecam, karena tiga tahun lalu Comission for Racial Equality, sebuah lembaga dari Inggris yang bertugas menjamin kesetaraan rasial, telah meminta buku tersebut dilarang.

Majelis hakim Belgia akan segera memutuskan apakah Tintin in the Congo boleh dijual di toko-toko di Belgia atau tidak, dan jika memang boleh, apakah komik tersebut harus mencantumkan peringatan bahwa isinya berbau rasis seperti yang dilakukan di Inggris.

Tintin in the Congo adalah komik ciptaan Herge yang dibuat pada penghujung 1920-an. Komik yang berisi cerita petualangan kedua Tintin ini biasanya di tempatkan di rak untuk orang-orang dewasa. Komik ini sudah lama menjadi kontroversi karena isinya yang yang berisi isi rasial jika Anda pengemar komik Tintin sebaiknya perlu lebih bijaksana dalam menyikapinya. Tuhan menciptakan setiap manusia dengan segala keunikan dan perbedaan, inilah yang memberikan keindahan dalam kehidupan.

Sumber : bbc.co.uk/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami