Siapa Calon Kuat Penganti Sri Mulyani ?

Nasional / 7 May 2010

Kalangan Sendiri

Siapa Calon Kuat Penganti Sri Mulyani ?

Daniel Official Writer
2447

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Julian Adrian Pasha, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengantongi nama-nama calon yang akan mengisi posisi Menteri Keuangan RI yang ditinggalkan oleh Sri Mulyani Indrawati. Berdasarkan keterangan dari Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Presiden SBY akan segera menetapkan Menkeu sebelum 1 Juni 2010. Dia juga menambahkan bahwa Presiden tahu waktu yang tepat untuk menganti Sri Mulyani.

Berikut beberapa profil kandidat yang disebut-sebut akan menggantikan Sri Mulyani, sebagai berikut :

1. Darmin Nasution. Saat ini pria berusia 61 tahun ini menjabat sebagai  Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia setelah sebelumnya menjadi Direktur Jenderal Pajak. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1976 itu mendapatkan gelar Doktor Ekonomi dari Universitas Paris, Sorbonne, Perancis, tahun 1986. Dia juga pernah menjabat sebagai Dirjen Lembaga Keuangan pada tahun 2000-2005 dan setelah itu menjabat sebagai Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan sampai dengan tahun 2006.

2. Anggito Abimanyu. Pria kelahiran Bogor, 19 Februari 1963, ini adalah Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan sejak tahun 2004. Lulusan Jurusan Ekonomi Lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, tahun  1985 ini memperoleh Magister International Development dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat, tahun 1990. Setelah itu, ia memperoleh PhD tahun 1993 di tempat yang sama. Di luar pemerintahan ia dikenal sebaga penulis dan pengajar UGM. Jabatan yang pernah dipegangnya adalah Direktur Program, Pusat Studi Antar Universitas Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (1995-1997) dan Kepala Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi (PAU-SE) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (1997-2000).

3. Agus Martowardojo. Saat ini dia menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri sejak Mei 2005. Pria kelahiran Amsterdam, 24 Januari 1956 ini pernah dicalonkan menjadi Gubernur BI oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tetapi terjegal di DPR. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) pada 1984 ini tidak pernah lepas dari dunia perbankan.

Ini merupakan nama-nama kandidat yang terkuat namun selain ketiga nama di atas, juga beredar nama-nama lain, seperti Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany, mantan Sekretaris KSSK Raden Pardede, dan Kepala Bappenas Armida Alisjahbana. Namun keputusan akhir tetap berada di tangan Presiden SBY. Siapapun yang akan terpilih, Menkeu yang baru memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk memperbaiki perekonomian negara.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami