Hati-Hati Membersihkan Telinga Anda

Solusi Sehat / 7 May 2010

Kalangan Sendiri

Hati-Hati Membersihkan Telinga Anda

Daniel Official Writer
5678

Membersihkan telinga dengan cotton buds justru bisa mendorong kotoran telinga masuk ke dalam dan melukai gendang telinga sehingga menyebabkan terjadinya radang telinga. Radang telinga atau otitis bisa menyebabkan telinga tuli bahkan dalam tahap kronis, bisa menimbulkan komplikasi yang mematikan. Jadi jangan meremehkan penyakit ini. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini, yaitu telinga menjadi panas dan nyeri. Beberapa orang juga mengalami gangguan pendengaran.

Ada dua penyebab radang telinga. Pertama, radang telinga yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Kedua, radang telinga yang disebabkan oleh noninfeksi karena luka yang terjadi di bagian dalam telinga. Menurut dr Hanekung Titisari SpTHT dari Rumah Sakit Pelni, Jakarta Barat, radang telinga yang disebabkan oleh luka bisa terjadi pada saat telinga dibersihkan. Trauma pada telinga tak hanya terjadi saat kita memasukkan benda ke dalam telinga, tapi juga bisa disebabkan oleh air yang masuk ke dalam telinga.

Mengingat telinga merupakan organ terpenting sebaiknya Anda berhati-hati ketika membersihkannya termasuk ketika membersihkan dengan cotton buds atau biarkan rambut-rambut halus di telinga mengeluarkan kotoran telinga secara alami. Jika ada masalah, mintalah dokter untuk melakukannya.

Sumber : okezone.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami