Amerika Sudah Berdoa Puluhan Tahun

Internasional / 6 May 2010

Kalangan Sendiri

Amerika Sudah Berdoa Puluhan Tahun

Lois Official Writer
4161

Hari ini, tanggal 6 Mei 2010 merupakan Hari Doa Nasional bagi Amerika. Hari Doa Nasional ini diperingati setiap hari Kamis, minggu pertama di bulan Mei sejak tahun 1988. Presiden Barrack Obama memproklamasikan hari ini sebagai “bersyukur untuk semua berkat yang telah Tuhan berikan kepada negara kita (Amerika)”. Hal ini tetap dilakukan walaupun ada pertentangan dari hakim federal bahwa doa nasional tidak konstitusional.

Bulan lalu, hakim federal Barbara Crabb mengemukakan bahwa proklamasi seperti yang Obama katakan adalah sebuah kekerasan yang dapat memecah gereja dan negara. Crabb menganggap bahwa seharusnya tidak ada Hari Doa Nasional karena setiap ada kesempatan mereka berdoa. Ketika masa Abraham, Franklin Roosevelt, Lincoln, dan presiden Amerika lainnya, Amerika selalu berdoa. Jadi, Amerika tidak bisa mendeklarasikan ada Hari Doa Nasional. Tapi pada akhirnya, dia mencabut permohonan naik bandingnya.

Namun hal ini tidak ada hubungannya dengan hukum. Tidak pernah dikatakan dalam konstitusi bahwa ada hukum dan berdoa harus dibedakan / dipisahkan. Apalagi Hari Doa Nasional hari ini tidak diikuti oleh upacara resmi dari Gedung Putih.

Sementara itu, Franklin Graham berkata bahwa keputusan hakim tersebut mempunyai dampak yang positif karena penduduk Amerika bisa fokus berdoa. Walau bertentangan, namun Franklin Graham dan Barbara Crabb nampak akrab, bahkan ketika bertemu mereka memberi salam peluk dan cium.

Sumber : cbn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami