DPR Segera Punya Gedung Baru

Nasional / 4 May 2010

Kalangan Sendiri

DPR Segera Punya Gedung Baru

Budhi Marpaung Official Writer
1905

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dipastikan memiliki gedung baru setelah pada rapat paripurna Senin (3/5) kemarin sebagian besar anggota dewan menyetujui anggaran pendapatan belanja negara perubahan (APBN-P) 2010 yang diajukan oleh Pemerintah dalam hal ini Departemen Keuangan RI.

Pada APBN-P 2010, dana yang dialokasikan pemerintah untuk pembangunan gedung baru DPR adalah sebesar 250 miliar rupiah.

Menurut Ketua DPR RI Marzuki Alie, gedung baru bagi para anggota dewan dan staf-stafnya menelan dana sebesar Rp 1,8 triliun. Oleh karenanya, pembiayaan gedung baru ini dikerjakan secara bertahap.

Menanggapi kritikan tentang rencana pembangunan gedung baru DPR yang dinilai terlalu mewah, Marzuki menyatakan bahwa itu adalah sebuah pernyataan yang keliru.

“Nilai Rp 1 triliun itu tidak ada artinya dibandingkan Rp 1.100 triliun yang diawasi oleh Dewan,” katanya.

Pembangunan gedung baru, tambah Marzuki, diharapkan dapat meningkatkan kinerja. Alasannya gedung yang ditempat sekarang sudah tidak layak karena melebihi kapasitas. Gedung dengan daya tampung 800 orang saat ini sudah dihuni sekitar 2.500 orang.

Sementara itu, peneliti Indonesia Budget Centre (IBC), Roy Salam menyatakan, rencana DPR tersebut sangatlah mengejutkan. Ia menilai Gedung Nusantara I yang dipakai sejak tahun 1997 masih layak digunakan dan memiliki ruang-ruang kosong untuk menempatkan staf-staf baru anggota DPR.

Bagi Roy, apa yang dilakukan DPR adalah sebuah langkah pemborosan yang semestinya tidak perlu dilakukan mengingat kondisi ekonomi masyarakat di Indonesia yang masih memprihatinkan.  

Keputusan untuk membangun gedung baru sudah disahkan di DPR dan masyarakat di Indonesia tidak dapat berbuat apa-apa. Hanya mungkin yang dapat kita lakukan adalah menagih komitmen para wakil rakyat di Senayan yang berkata akan bekerja lebih baik saat gedung baru sudah ada. Waktu yang akan berbicara benarkah gedung baru akan membuat anggota DPR semakin produktif atau sebenarnya mereka hanya ingin merasakan gedung lebih ber-AC dan nyaman.  

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami