OKB Bertambah, Demam Kemewahan Melanda China

Nasional / 4 May 2010

Kalangan Sendiri

OKB Bertambah, Demam Kemewahan Melanda China

Daniel Official Writer
2990

Saat ini China sedang mengalami ledakan pertumbuhan ekonomi yang luar biasa sehingga memunculkan ratusan ribu jutawan dan miliarder baru. Menurut Rupert Hoogewerf, seorang peneliti tentang orang kaya baru (OKB) atau miliarder baru di daratan China, kini setidaknya telah ada 825.000 orang yang kekayaannya paling rendah 10 juta yen atau 1,3 juta dollar AS (lebih kurang Rp 12 miliar). China menjadi pasar yang potensial untuk penjualan mobil dan barang-barang mewah.

Jika dibandingkan dengan 15 tahun yang lalu, di China hampir tidak ada yang memiliki mobil pribadi, namun saat ini China menjadi surga penjualan mobil mewah. Seorang pengusaha muda China, Liu (32), membeli sebuah mobil supermewah buatan Inggris, Rolls Royce Phantom seharga Rp 4,5 miliar di sebuah pameran mobil di Beijing, China, pekan lalu. Di dalam mobil di bagian kapnya ada maskot Spirit of Ecstacy berlapis emas. Di rumahnya sudah ada dua mobil mewah, yakni Mercedes-Benz S600 dan Jaguar sport. Liu mengatakan bahwa dia membutuhkan sesuatu yang berbeda untuk pergi ke kantor dan mobil tersebut bukanlah sesuatu yang berlebihan.

Wang Hongho, Pemimpin Redaksi Trends Car, majalah otomotif China, mengatakan, OKB membutuhkan beberapa produk barang mewah untuk pengakuan dirinya seperti mobil mewah atau barang mewah, parfum, pakaian, perhiasan mewah, dan sebagainya yang serba mewah. Setiap orang tentu ingin menjadi kaya dan tidak ada yang salah dengan kekayaan namun kita perlu berhati-hati, jangan sampai kekayaan menggantikan Tuhan dan menjadi berhala dalam hidup kita. Kekayaan yang kita miliki adalah untuk kemuliaan Tuhan.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami