Cukup Lima Menit Untuk Tingkatkan Semangat

Solusi Sehat / 3 May 2010

Kalangan Sendiri

Cukup Lima Menit Untuk Tingkatkan Semangat

Puji Astuti Official Writer
2924

Hanya dengan lima menit olahraga di lingkungan hijau akan meningkatkan kesehatan mental Anda, demikian ungkap sebuah penelitian di Universitas Essex. Hanya dengan melakukan aktifitas di taman atau kebun, seperti bersepeda, berkebun selama beberapa menit hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan juga semangat Anda.

“Kami percaya ada potensi keuntungan yang sangat besar bagi seseorang, komunitas dan juga menurunkan biaya kesehatan jika semua orang mau melakukan latihan di sebuah lingkungan hijau,” demikian jelas Barton tentang studinya yang diterbitkan oleh jurnal Environmental Science & Technology.

Banyak penelitian lain yang menunjukkan bahwa aktivitas di luar ruangan akan mengurangi resiko mengalami sakit mental dan meningkatkan rasa sejahtera, tapi Jules Pretty dan Jo Barton yang melakukan penelitian ini menyatakan bahwa sampai sekarang belum diketahui harus berapa lama.

Barton dan Pretty meneliti 1.252 orang dari berbagai usia, jenis kelamin dan status kesehatan mental di Inggris. Mereka menganalisa kegiatan berjalan, berkebun, bersepeda, memancing, berperahu, naik kuda dan bertani. Mereka menemukan bahwa perubahan yang besar lebih dirasakan oleh anak-anak muda. Mereka cukup melakukan olahraga hanya lima menit.

Semua lingkungan hijau memiliki dampak yang sama, termasuk taman kota, atau kawasan hijau dengan taman  dan air mancur. Jadi jika Anda lebih rileks dan bersemangat, jangan lewatkan waktu istirahat di ruangan saja. Pergilah ke taman dan jalan-jalan sejenak..

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami