Memperoleh Modal Usaha

Investment / 2 May 2010

Kalangan Sendiri

Memperoleh Modal Usaha

Daniel Official Writer
2986

Untuk memulai sebuah usaha seringkali kita terbentur pada kecukupan modal, namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha tersebut dari pihak lain, sebagai berikut:

1. Seandainya Anda tidak memiliki barang yang dapat dijaminkan, Anda bisa mengusahakan pinjaman dari pihak kerabat dekat atau kenalan Anda. Jika ide usaha Anda cukup masuk akal dan aman maka kemungkinan besar akan ada kerabat dan kenalan Anda yang bersedia memberikan pinjaman lunak dengan bunga rendah atau malah tanpa bunga.

2. Anda juga bisa mengajak teman-teman Anda untuk mengumpulkan modal tunai sedangkan Anda sebagai pencetus ide dan pelaksana usaha menjadi salah satu pemilik dengan tanpa setoran modal. Dengan cara ini, Anda juga dapat melakukan usaha tanpa modal walaupun nantinya harus membagi keuntungan dengan teman-teman Anda.

3. Bila dua hal di atas tidak memungkinkan, barulah Anda coba mencari dari sumber modal seperti perbankan. Walaupun sulit, adalah mungkin bagi Anda untuk mendapatkan kredit tanpa menggunakan jaminan apapun. Sekarang banyak bank yang menawarkan kredit tanpa agunan, walaupun harus diakui sasaran utama mereka adalah para karyawan/karyawati yang memiliki pendapatan tetap. Namun demikian, ini benar-benar pilihan terakhir yang ambil karena  kewajiban pembayaran bunga dan cicilan dapat menjadi kendala untuk bisnis yang baru mulai berjalan.

Syarat utama untuk memperoleh modal dari pihak lain adalah usaha yang Anda jalankan harus memiliki nilai kelayakan usaha yang menguntungkan. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah ide usaha, skala usaha, kompetisi, permintaan pasar, kesediaan pasokan, tenaga kerja dan lainnya. Cara termudah memulai usaha menurut pengalaman banyak orang adalah memulai dari hobi atau peminatan.  Setelah mengevaluasi diri apa yang menjadi hobi dan peminatan Anda, kemudian mulailah pelajari seluk beluknya dan berbagai peluang usaha yang terkait.  Akhirnya, jalankan usaha Anda dengan tekun.

Sumber : okezone.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami