Siswa Cerdas Tak Lulus UN

Nasional / 30 April 2010

Kalangan Sendiri

Siswa Cerdas Tak Lulus UN

Lois Official Writer
3158

Yondi Handyta, siswa SMU Negeri 9, Yogyakarta divonis tidak lulus ujian nasional walaupun seluruh nilai ujiannya memenuhi syarat kelulusan. Pihak sekolah tidak meluluskan ujian nasional Yondi karena perkara akhlak. Kepala SMAN 9 Yogyakarta Harja Purnama menjelaskan, kelulusan tak hanya ditentukan dari nilai, tetapi juga kepribadian. Yondi tak lulus akibat akumulasi sikap sejak semester awal hingga akhir yang dinilai buruk.

Tidak terima dengan keputusan sekolah, ia mengadukan masalah itu ke Lembaga Bantuan Hukum di Yogyakarta. Yondi merupakan siswa cerdas namun sayang akhlaknya tidak baik. Meraih predikat peringkat ketiga nilai ujian nasional di sekolahnya, tidak mampu membuatnya lulus.

Sifat dan budi pekerti yang baik sangat dibutuhkan di dalam bangsa ini. Karena tanpa budi pekerti yang baik itu, kepintarannya akan digunakan untuk hal-hal yang salah. Sama seperti Salomo yang mempunyai hikmat yang begitu luar biasa, namun karena kegemarannya akan wanita, membuatnya terjatuh kepada penyembahan berhala. Yondi sendiri mengaku mendapat nilai C untuk akhlak dan kepribadian.

Lembaga Bantuan Hukum yang membantu Yondi telah melayangkan surat ke pihak sekolah dan Dewan Pendidikan Yogyakarta. Jika surat tak digubris hingga tiga hari ke depan, LBH tersebut akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara.

Hal yang lebih perlu diperhatikan adalah apakah Yondi tidak akan membolos sekolah lagi dan tidak akan berkelahi lagi, baik dia nantinya naik kelas atau tidak.

Sumber : metronews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami