Aussie Melarang Rokok Berlogo

Nasional / 30 April 2010

Kalangan Sendiri

Aussie Melarang Rokok Berlogo

Lois Official Writer
2274

Australia menjadi negara pertama di dunia yang akan mengeluarkan kebijakan agar bungkus rokok bebas dari logo atau desain apapun. Semua rokok di negara tersebut akan dijual dengan bungkus yang polos dengan mengusung peringatan akan bahaya merokok pada bulan Juli 2012. Hal ini diumumkan oleh Perdana Menteri Kevin Rudd.

Kejadian ini merupakan langkah yang bagus yang diambil oleh semua negara agar para penduduknya selalu diingatkan, bahkan oleh bungkus rokok itu sendiri, tentang betapa bahayanya merokok.

“Sekarang ini perusahaan rokok mengusahakan semua tindakan hukum agar larangan ini tidak berlaku,” kata Rudd kepada reporter. “Hal ini memang normal dilakukan. Kami, sebagai pemerintah, tidak akan terintimidasi dengan perusahaan raksasa tersebut karena kami sudah berada di jalur yang benar.”

Kemungkinan perusahaan rokok akan mengajukan gugat di pengadilan, namun Menteri Keuangan Nicola Roxon mengatakan bahwa mereka akan melawan hal tersebut.

Sedangkan pembelaan perusahaan rokok yaitu bahwa dengan bungkus polos, akan merugikan perusahaan mereka karena konsumen tidak lagi tahu yang mana yang merupakan produk mereka, sehingga keuntungan mereka akan berkurang.

Tidak ada manfaat baik dalam merokok. Selain merugikan kesehatan, Anda juga mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak berguna. Anda seperti membeli kematian dengan merokok. Tapi bukan kematian Anda sendiri yang Anda beli. Anda juga membuat kematian orang lain lebih cepat karena menghisap (pasif) rokok yang Anda hisap.

Sumber : cnn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami