Gaji PNS Naik (lagi) Tahun Depan

Nasional / 29 April 2010

Kalangan Sendiri

Gaji PNS Naik (lagi) Tahun Depan

Budhi Marpaung Official Writer
3501

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil dan TNI/Polri sebesar 10 persen pada tahun 2011. Menurutnya, Kebijakan ini dibuat demi menjaga daya beli pegawai pemerintahan.

“Tahun depan kenaikan gaji sebesar 10%, lebih tinggi dari ekspektasi inflasi 5%, sehingga secara riil lebih tinggi untuk memperbaiki level kesejahteraan PNS, TNI, dan Polri,” kata Sri Mulyani Indrawati di di Jakarta kemarin.

Kebijakan ini tentu saja memicu reaksi dari para pengamat ekonomi di Indonesia.

Direktur Institute for Development Economy and Finance (Indef) Ahmad Erani Yustika menuturkan, pada prinsipnya kondisi penghasilan PNS dan TNI/Polri sama dengan penghasilan buruh/pekerja lain yang membutuhkan keseimbangan baru setiap tahun. Oleh karenanya, kenaikkan gaji PNS dan TNI/Polri harus melihat perekonomian masyarakat luas.

Pernyataan serupa diungkapkan Managing Director Econit Advisory Group Hendri Saparini. Menurutnya, rencana pemerintah menaikkan gaji PNS lebih terlihat politis ketimbang untuk meningkatkan kesejahteraan mereka jika itu tidak diikuti dengan perbaikan mentalitas dan moral aparatur birokrasi pemerintahan.

Untuk diketahui, tahun 2009 Pemerintah sudah pernah menaikkan gaji para PNS dan TNI/Polri sebesar 5 persen. Presiden SBY sendiri memang dalam program kerjanya berfokus salah satunya adalah mengenai bagaimanan menyejahterakan para PNS dan TNI/Polri yang dianggapnya masih belum mendapat penghidupan yang layak.

Sebagai umat Kristiani, kita harus menghormati pemerintah dan segala kebijakannya karena mereka adalah hamba Allah di bumi ini. Walaupun begitu, kita juga perlu berhikmat dalam menanggapi setiap peraturan atau kebijakan pemerintah yang ada. Terkait dengan kenaikkan gaji bagi PNS dan TNI/Polri, kita harus yakin bahwa ini dilakukan untuk kebaikan rakyat sendiri. Toh, jika mereka sejahtera, profesionalitas dan pelayanan kepada masyarakat juga akan menjadi semakin baik juga.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami