Tri Mumpuni

Nasional / 28 April 2010

Kalangan Sendiri

Tri Mumpuni "Si Penerang Desa"

Lois Official Writer
3910

Tri Mumpuni Iskandar adalah Direktur Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (Ibeka). Teman-temannya menjuluki dia “Tri Si Penerang Desa”. Lewat berbagai lembaga nirlaba, Tri mempelopori pembangunan pembangkit listrik mini di pedesaan bersama suaminya, Iskandar Kuntoadji. Pembangkit listrik ini memanfaatkan tenaga air terjun mini di sejumlah tempat di Indonesia, sehingga tidak mengandalkan listrik dari PLN.

“Hasil penjualan listrik dikelola koperasi dan digunakan untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan ekonomi pedesaan,” ujar Tri kepada Tempo, beberapa waktu yang lalu. Dia telah membangun pembangkit listrik di banyak wilayah dari Aceh hingga Kalimantan.

Bahkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memuji wirausahawan asal Indonesia, Tri Mumpuni Iskandar, atas kiprahnya mempelopori pembangkit listrik mikrohidro di pedesaan.

“Dan dengan wirausahawan berjiwa sosial seperti Tri Mumpuni, yang telah membantu masyarakat pedesaan di Indonesia untuk membangkitkan listrik serta pemasukan dari tenaga air,” ujar Obama dalam pidato pembukaan untuk “Presidential Summit on Entrepreneurship” di Washington, DC, kemarin (27/4).

Pertemuan tersebut dihadiri wirausahawan bisnis dan sosial dari negara-negara mayoritas muslim di seluruh dunia. Dalam konferensi tingkat tinggi ini sembilan orang tercatat mewakili Indonesia, mereka adalah Putra Sampoerna, Ananda Siregar, Sandiaga Uno, Shinta Widjaja Kamdani, Benjamin Soemartopo, Sheila Tiwan, Goris Mustaqim, Tri Mumpuni Iskandar, dan Yuyun Ismawati.

Semoga ada pelopor lain seperti Tri Mumpuni yang dapat menciptakan usaha baru, menciptakan lapangan kerja bagi orang lain, dan menghasilkan uang untuk kepentingan sosial. Mari jadi terang bagi dunia ini…

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami