Anjungan Minyak Terbakar, Teluk Meksiko Terancam

Nasional / 26 April 2010

Kalangan Sendiri

Anjungan Minyak Terbakar, Teluk Meksiko Terancam

Daniel Official Writer
2684

Teluk Meksiko terancam dengan tumpahan minyak yang berasal dari sebuah anjungan pengeboran minyak lepas pantai milik perusahaan minyak BP yang meledak dan terbakar di Louisiana, AS, Kamis(22/4) lalu. Anjungan Deepwater Horizon terbakar selama 36 jam dan akhirnya tenggelam meskipun telah dilakukan mengendalian untuk memadamkan kobaran api. Dalam insiden tersebut, 11 pekerja dinyatakan hilang bahkan tewas karena pencarian telah dihentikan, namun lebih dari 100 pekerja berhasil diselamatkan oleh tim penyelamat.

Sekitar 1.000 barel minyak per hari keluar ke laut dari sumur yang rusak, yang berpotensi menjadi bencana lingkungan yang bisa merusak pantai, pulau penghadang (barrier island) dan lahan basah di pesisir. Tumpahan minyak diperkirakan akan meluas sekitar 1.500km persegi karena upaya pembersihan terus mengalami penundaan yang disebabkan cuaca buruk.

Perusahaan minyak BP telah mengerahkan kapal selam robot untuk mencoba mengaktifkan blowout preventer atau rangkaian pipa dan katup yang bisa menghentikan kebocoran. Namun kepala operasi unit eksplorasi dan produksi PBB Doug Suttles mengungkapkan bahwa ini merupakan ''tugas sangat rumit'' dan ''mungkin tidak berhasil'', demikian diungkapkan kepada Reuter. Selain itu mereka juga mengerahkan lebih dari 30 kapal pembersih dan sejumlah pesawat udara untuk menyemprotkan bahan pemencar (dispersant) ke lapisan minyak yang mengambang. Manusia adalah penyebab kerusakan alam terbesar jika dibandingkan dengan makluk yang lain di muka bumi ini.

Sumber : bbc.co.uk
Halaman :
1

Ikuti Kami