Mentok Dan Ngga Punya Ide? Tidur Saja..

Solusi Sehat / 26 April 2010

Kalangan Sendiri

Mentok Dan Ngga Punya Ide? Tidur Saja..

Puji Astuti Official Writer
3864

Jika Anda menghadapi permasalahan dan butuh ide kreatif untuk menyelesaikannya, maka tidur adalah rahasia sukses Anda. Kok bisa? Penelitian menemukan ketika tidur kemampuan otak untuk menemukan pemecahan masalah secara kreatif makin meningkat.

Pada siang hari, area otak yang di sebut hippocampus bekerja mengambil semua informasi yang di dapat dan menyimpannya. Dan sewaktu tidur, hippocampus menutup dan memungkinkan otak memindahkan informasi ke neokorteks, sebuah bagian otak yang menyimpan semua ingatan Anda. Setelah ingatan itu sampai di neokorteks, dia dapat menghubungkan permasalahan Anda dengan kenangan-kenangan lain yang ada dalam pikiran Anda. Dari situlah kreativitas muncul.

Tips untuk meningkatkan kreativitas menggunakan tidur

Bersiaplah untuk inspirasi. Tepat sebelum tidur, tuliskanlah masalah atau gagasan yang sedang Anda kerjakan. Begitu bangun, langsung tuliskan ide-ide yang muncul dalam pikiran Anda.

Pastikan Anda tidur nyenyak. Jika Anda mengalami kesulitan tidur karena sering ada gangguan, matikan hp Anda, jauhi kebisingan, atau gunakan penutup telinga dan mata.

Tidur siang. Tidur siang sama efektifnya dengan tidur di malam hari. Namun untuk mencapai tahap kreatifitas, Anda butuh tidur antara 60 – 90 menit.

Jadi, apakah Anda perlu sebuah solusi jitu? Pastikan Anda memiliki tidur yang nyenyak. Namun, Anda jangan terlalu banyak tidur juga, karena selain tubuh menjadi lemas, target Anda juga tidak dapat segera tercapai karena tertunda oleh tidur. Cukup 8 jam sehari tidur yang nyenyak, tubuh sehat, pikiran juga kreatif.

Sumber : webmd.com
Halaman :
1

Ikuti Kami