Helmut Werner, Sukses Karena Sikap Positifnya

Helmut Werner, Sukses Karena Sikap Positifnya

Puji Astuti Official Writer
3061

Sikap mental positif, mungkin inilah yang membuat Helmut Werner mencapai puncak karirnya. Sebagai pendiri Mercedes-Benz pria yang memulai karirnya di Uniroyal ini terbilang tidak begitu pintar atau pandai dalam konsep maupun strategi. Namun semangatnya yang membawanya menanjak dari direktur pelaksana hingga akhirnya menjadi dewan pengawas di Daimler Benz AG, sekaligus menjadi calon kuat suksesor dari Werner Niefer, direktur utama perusahaan mobil bergengsi tersebut.

Selain Werner, ada satu orang lagi yang berpeluang menduduki posisi tersebut, yaitu Juergen Scrempp. Karenanya, Werner menjadi sosok yang menjadi sorotan, selain penampilannya yang necis dan menarik, ia juga orang yang bersahabat. Namun dia mengaku, apa yang diraihnya salah satunya karena faktor kemujuran.

“Saya ini memang agar mujur,” kata ayah dari dua putra yang menjelang dewasa. Kata-kata lain yang sering ia ucapkan, “Hidup ini memang indah dan mempesonakan”.

Werner lahir di Koeln, dan dibesarkan di Sauerlan. Dia mengenyam pendidikan menengah atas di Frankfurt dan Boon, kemudian Werner belajar ekonomi di Koeln. Werner yang memimpin 90 ribu karyawan ini bukanlah tipe pemimpin yang bosy. Dia sering memberikan dorongan pada bawahannya dan sangat lihai dalam mempengaruhi orang-orangnya. Untuk itulah, perusahaan mobil bergengsi tersebut  meliriknya dalam mempengaruhi massa.

Werner adalah anak pertama dari lima bersaudara, untuk itulah tertempa dalam dirinya sikap bertanggung jawab dan disiplin. Namun dalam studi, Werner bukan terbilang orang yang cermerlang. Dia lebih suka membuktikan kepiawaiannya di dunia olahraga, seperti sepak bola, renang ataupun balap sepeda.

Dari latar belakangnya, jelas bahwa Werner adalah pria yang suka persaingan dan sportif. Dia juga handal dalam kepemimpinan, dan pandai mengembangkan staf-stafnya sehingga membantunya untuk mencapai yang terbaik serta menghasilkan prestasi gemilang bagi perusahaan. Mottonya bukan hanya menang, namun harus menang. Sebuah sikap pantang mundur dan tidak begitu saja menyerah dengan tantangan.

Awalnya, Helmut Werner bermimpi ingin menjadi peneliti ekonomi. Namun awal memasuki perusahaan Uniroyal, dia kepincut dengan marketing.

Ia mengatakan, “Mereka harus dapat melakukan sesuatu yang positif untuk saya, yaitu membeli ban dari saya.”

Kemampuan dan ketenaran Werner telah menjadikannya primadona bagi perusahaan-perusahaan mobil raksasa. Dia pernah menerima berbagai tawaran posisi menarik, namun akhirnya pilihannya dijatuhkan pada Mercedes-Benz, karena bagi Werner, Mercedes adalah pusat permobilan dunia. Pria ini hidup hingga 67 tahun dan menutup mata pada tahun 2004.

Sumber : pinginpintar.com

Ikuti Kami