Ambil Perhatian Suami Agar Mendengar Anda

Marriage / 24 April 2010

Kalangan Sendiri

Ambil Perhatian Suami Agar Mendengar Anda

Budhi Marpaung Official Writer
4047

Ini adalah keluhan umum di antara perempuan. Pria tidak mendengarkan sebaik perempuan melakukannya. Meskipun perempuan sering menyalahkan pria karena komunikasi yang kurang baik, apakah tindakan itu perlu dilakukan?

Menurut penulis buku mengenai masalah rumah tangga, Nancy Cobb dan Connie Grigsby, kesalahan tidak dapat didasarkan karena jenis kelamin. Pria dan wanita hanya berkomunikasi secara berbeda karena sistem otak mereka berbeda. Namun, ada langkah-langkah yang perempuan dapat dilakukan untuk memperbaiki komunikasi dengan pasangan hidup mereka, jika mereka bersedia.

Dalam buku mereka, How to Get Your Husband to Listen to You, para penulis mengungkapkan rahasia berkomunikasi dengan pria. Mereka membahas bagaimana pria berpikir, bagaimana mereka berbicara, dan apa yang mereka dengar (atau tidak dengar) ketika wanita berbicara.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya-tanya mengapa Cobb dan Grigsby merasa bahwa pihak perempuanlah harus mengubah komunikasi mereka. Apakah para pria tidak bisa belajar bagaimana berkomunikasi lebih baik dengan wanita daripada sebaliknya? Jawabannya adalah karena perempuan dilengkapi dalam otak mereka untuk lebih relasional, dan ini lebih mempermudah bagi mereka untuk menyesuaikan gaya komunikasi ke berbagai audiens.

Beradaptasi dengan gaya komunikasi suami hanyalah cara lain untuk memenuhi peran yang diberikan Allah bagi para istri yakni sebagai penolong pasangan mereka. Dan ini akan membuat perkawinan jauh lebih bahagia.

Di bawah ini ada empat tips yang diberikan Cobb dan Grigsby bagi Anda para perempuan bagaimana seharusnya berkomunikasi dengan suami.  

Jangan Berbicara Dengan Isyarat

Perempuan sering bertele-tele ketika berkomunikasi dengan suami mereka karena mereka tidak ingin tampil sebagai penuntut. Mungkin hal ini bekerja dengan sesama perempuan, tapi tidak dengan pria.

"Jika seorang perempuan berkata kepada suaminya, "aku sangat lelah, aku tidak yakin apa yang kita harus makan malam di rumah malam ini," Ia mungkin akan menyarankan buatkan mie goreng atau telor dadar karena dia tidak menangkap dan mengolah dengan benar apa yang Anda katakan.

Sebuah pilihan yang lebih baik bila istri mengatakan bahwa ia terlalu lelah untuk memasak dan bertanya kepada suami apakah keluarga bisa menikmati makan malam diluar.

Hindari Mengomel

Mengomeli terus suami akan menghasilkan hasil yang tidak diinginkan. Sang istri mungkin berhasil membuat pasangannya melakukan apa yang mereka inginkan, namun kemungkinan besar ia akan menaruh kebencian di dalam hatinya kepada Anda. Hasilnya, ia akan menjadi orang yang dingin dan cuek.

Jika perempuan harus meminta suami mereka untuk kedua kalinya untuk melakukan sesuatu, bertanyalah seolah-olah itu adalah pertama kalinya.

Hargai Pasangan Anda

Kunci untuk mendorong komunikasi yang baik dengan pria, dan kunci untuk menghangatkan hati mereka, adalah dengan menunjukkan rasa hormat. Dengan bersikap seperti ini maka Anda sebenarnya sedang membuka hati pasangan Anda agar lebih peka terhadap apa yang Anda sampaikan. Suami Anda akan lebih memahami apa yang Anda utarakan kepadanya.

Tetap Percaya Bahwa Ia Pasti Berubah

Mungkin Anda telah melakukan tips pertama, kedua, dengan ketiga dengan baik namun jika Anda tidak memiliki kepercayaan kepada Tuhan bahwa suami Anda pasti akan berubah maka semuanya itu akan sia-sia.

Terkadang apa yang terjadi di dalam kehidupan kita tidak selalu dapat diatasi dengan teori-teori manusia. Bahkan dalam kehidupan orang-orang Kristen, justru campur tangan Allah berperan besar dalam membantu mengatasi setiap persoalan yang sedang mereka hadapi.

Seperti apa komunikasi Anda dengan suami saat ini? parah atau sangat parah atau sangat amat parah sehingga sepertinya tidak bisa diperbaiki lagi? Ingatlah Tuhan yang Anda dan saya sembah itu besar dan luar biasa. Dia punya berbagai macam cara untuk mengatasi persoalan komunikasi dengan suami yang sedang Anda hadapi saat ini bahkan Dia dapat membuat pernikahan Anda tetap bahagia selamanya seperti yang Dia rancangkan. Percayalah !

Sumber: cbn.com

Halaman :
1

Ikuti Kami