Cara Jitu Perangi Osteoporosis

Cara Jitu Perangi Osteoporosis

Puji Astuti Official Writer
3661

Osteoporosis atau penyakit pengeroposan tulang adalah masalah yang lazim dialami para wanita walaupun tidak menutup kemungkinan para pria juga mengalaminya. Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, menyebabkan resiko patah tulang menjadi meningkat. Jadi, bagaimana Anda sebagai wanita bisa melindungi tulang Anda? Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Mengkonsumsi vitamin selain kalsium.

Sebagian besar orang tahu kalsium baik untuk tulang, namun untuk tulang kuat Anda butuh lebih dari kalsium. Anda butuh miniral-mineral lain, terutama vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi. Selain itu, ada magnesium, karena tanpa magnesium, kalsium tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Jadi, ketika Anda membeli suplemen, perhatikan kandungan mineral-mineral lainnya – seperti vitamin K, mangan, boron, silica dan strontium.

Berapa banyak harus dikonsumsi?

Semua itu juga bergantung dari berapa usia Anda sekarang. Untuk pria dan wanita usia 14-18 tahun Institute of Medicine and National Osteoporosis Foundation merekomendasikan 1300 mg kalsium perhari. Sedangkan untuk wanita dan pria dewasa usia 19-50 tahun butuh sekitar 1000 mg, dan di atas 51 tahun 1200 mg.

Untuk vitamin D, bagi Anda yang dibawah 50 tahun Anda memerlukan 400-800 IU. Dan jika diatas 50 tahun butuh lebih dari itu. Anda bisa menemukan kandungan vitamin D dari sinar matahari pagi, susu yang diperkaya vitamin D, kuning telur, hati dan suplemen.

Apakah susu baik untuk tulang?
Penelitian dari Universitas Harvard menyatakan bahwa tidak ada bukti bahwa mengkonsumsi dua hingga tiga gelas susu setiap hari akan memperkuat tulang.

Jadi makanan apa yang mengandung kalsium?

Tidak terbatas pada susu kalsium, karena ada banyak makanan lain yang secara alami mengandung kalsium. Contohnya, dua ons keju Swiss mengandung 530 mg kalsium, dua kali lipat dari yang terkandung dari 6 ons susu. Dua batang brokoli, akan memberi Anda 250 mg kalsium, dan tiga ons kacang almond akan memberi Anda 210 mg kalsium. Selain itu Anda juga dapat menemukan kandungan kalsium dalam produk kedelai terfermentasi, buah ara kering, dan lobak.

Jadi selain susu, Anda harus mengkonsumsi makanan-makanan lain yang mengandung susu dan mineral lainnya. Selain itu, penting untuk melakukan olahraga. Karena tanpa olahraga, tulang-tulang Anda akan mengalami ketidak seimbangan yang membuatnya mudah keropos. Lakukan kombinasi latihan beban dan membuat otot utama bekerja.

Sumber : AOL Health

Ikuti Kami