Telinga Untuk Mendengar

Kata Alkitab / 24 April 2010

Kalangan Sendiri

Telinga Untuk Mendengar

Lois Official Writer
5503

Filipi 2:3 ”Tanpa mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaiknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama daripada dirinya sendiri.”

Walaupun orang Indian Amerika Utara tidak mengenal alfabet tulisan sebelum mereka bertemu orang kulit putih, bahasa mereka sama sekali tidak primitif. Kosa kata dari pelbagai bahasa Indian seluas kosa kata penakluk mereka, bangsa Perancis dan Inggris. Sering kali ungkapan-ungkapan mereka jauh lebih menyentuh perasaan. Menurut bahasa Indian, misalnya, konsep kata teman digambarkan dengan indah sebagai "orang yang memanggul kesedihan saya di punggungnya."
Seorang teman atau seorang anggota keluarga yang datang kepada Anda untuk mendapatkan penghiburan...atau bahkan menyatakan sedang membutuhkan nasihat...seringkali tidak menginginkan apapun selain kehadiran Anda, kesediaan Anda untuk mendengarkan dan kepedulian Anda melihat kesedihan mereka. Seorang pria muda menemukan konsep ini tidak lama setelah dia menikah. Istrinya sering tiba di rumah dari kantor dengan membawa cerita tentang kesulitan-kesulitannya sepanjang hari itu. Pria itu kerap kali menanggapi sikap itu dengan menyodorkan sara-saran atau cara penyelesaian. Akhirnya, sang istri berkata, "Aku telah menyelesaikan masalah-masalah hari ini." Dengan tertegun, suaminya bertanya, "Kalau begitu, mengapa engkau menceritakannya lagi?" Jawab istrinya, "Aku tidak membutuhkan tuan pemberes. Aku butuh telinga pemerhati."

Teman yang menyediakan perlindungan, baik secara fisik maupun emosional adalah pengayom yang sejati, seseorang yang menolong orang lain untuk menjadi tabah dalam menghadapi badai kehidupan.

Orang tidak peduli berapa banyak yang Anda tahu sebelum mereka tahu berapa banyak Anda peduli.

Sumber : generasi minyak anggur/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami