Greiner, Mencintai Apa Yang Dikerjakannya

Entrepreneurship / 22 April 2010

Kalangan Sendiri

Greiner, Mencintai Apa Yang Dikerjakannya

Budhi Marpaung Official Writer
4472

Kegigihan, waktu dan energi. Itulah perbedaan antara produk "bagaimana jika" dan produk sukses, dan Lori Greiner memiliki ketiganya. Setelah bertahun-tahun memiliki ide membuat produk-produk dan bahkan buku dan duduk di sisi kantor, membuatnya lelah untuk berpikir tentang apa yang mungkin terjadi. Jadi, ketika dia punya ide menjanjikan untuk membuat perusahaan anting-anting, ia pun segera mulai mengerjakannya.

Sekarang 13 tahun dan 250 produk kemudian, Greiner adalah juru kemudi dari perusahaan For Your Ease Only Inc., perusahaan yang memiliki pendapatan lebih dari $ 350 juta. Tidak hanya itu, dia memiliki acara sendiri di televisi, Clever and Unique Creations oleh Lori Greiner.

Pada saat ia tercetus ide awal membangun usaha anting-anting, Greiner sedang membuat naskah drama dan menjual perhiasan imitasi- jauh dari bayangan untuk menjadi pengusaha internasional/penemu di kemudian. Namun, usaha sampingannya tersebut menginspirasinya untuk membuat sesuatu yang kreatif agar bisa memasarkan perhiasan-perhiasan yang dibuatnya.

"Saya pikir, 'Apakah perempuan tidak suka melihat semua perhiasan mereka tetap cantik dan dipuji oleh orang lain yang melihatnya’?,” kata Greiner.

Untuk orang dengan pengalaman bisnis dan memproduksi produk yang sedikit pada waktu itu, memperkenalkan produk baru ke publik adalah ide ambisius. Greiner mengatakan semangatnya untuk memajukan produk-nya mendorongnya maju dengan cepat untuk melakukan pinjaman bank sebesar $ 300.000.

"Saya merasa yakin bahwa membuat perusahaan anting-anting, seperti konsep saya, adalah sesuatu yang akan sangat disenangi orang-orang karena mereka membutuhkannya," kata Greiner. "Ini benar-benar berbeda dari apa yang pernah ditawarkan, dan itu merupakan solusi yang jauh lebih baik."

Namun, ia tidak hanya mengandalkan keyakinannya saja. Sebagai buktinya, untuk pertama kali, ia mengeluarkan sebesar $ 10.000 untuk membuat contoh anting-anting yang akan dipajang di tokonya kelak. Ia pun turun ke jalan-jalan, menghentikan semua perempuan di Chicago untuk mendapatkan respon mereka terhadap produk yang baru dibuatnya. Setelah ia yakin banyak konsumen menginginkan produknya, ia pun siap menghadapi salah satu kendala terbesar ketika memperkenalkan produk baru: mendapatkan perhatian dari toko-toko perhiasan.

"Saya akan menelepon hanya seribu kali," katanya. "Saya akan menelepon lagi dan lagi sampai saya beruntung dan mereka kebetulan mengangkat telepon. Dan setelah mereka mengangkat telepon, saya tahu saya punya dua detik untuk menarik perhatian mereka. "

Dia benar-benar menarik perhatian pembeli. Setelah enam bulan menjual produk awalnya, dia pun mendapat gagasan untuk membuat anting dari plastik bening. Saat itu, ia mencetak 100 pasang anting-anting plastik bening dan luar biasa produk-produk yang dibuatnya itu habis terjual dibeli para konsumen. Bahkan tak disangka-sangka ia mendapat kesempatan memasarkan produknya di televisi dalam program Home Shopping Network (HSN).

Pada penampilan televisi pertama di HSN, produk-nya (semua 2.000 unit) habis terjual dalam hitungan menit. Ia tidak percaya dengan apa yang ia lihat. Namun, itu justru memompa motivasinya untuk membawa produk-produknya menjadi terkenal di seluruh Amerika Serikat. Ia yakin bahwa anting-anting yang dibuatnya akan laku di pasaran.

Setelah menjual dengan baik produk-produknya di toko perhiasan di daerah Chicago, Greiner pun menjalin kerjasama dengan toko perhiasan berskala nasional, QVC. Momentum itu mendorong keinginannya untuk kembali menggambar desain dan menciptakan lebih banyak produk.

Namun, dalam tahun pertama sejak bergabung dengan QVC, pendapatan usahanya tidak seperti yang dipikirkannya. Bukannya melemah, justru memacunya lebih lagi untuk menciptakan produk-produk baru sehingga jangan heran sekarang desain-desain produknya sudah mencapai ratusan.

Perusahaannya, For Your Ease Only Inc., telah memecahkan banyak masalah perempua sehari-hari. Produk-produknya telah membuat mereka percaya diri ketika berada di komunitas mereka.  

Meskipun Greiner selalu mencintai proses kreatif, ia mengakui kelemahan, selah satunya mengenai hak paten. Gara-gara ia tidak terlalu memahami tentang pematenan suatu produk, ia baru mendapatkan hak paten untuk produk-produknya setelah 5 tahun pengajuan.

Kini, Greiner dengan For Your Ease Only Inc. telah bertransformasi menjadi perusahaan besar – dengan pendapatan perusahaan berjuta-juta dollar dan apa yang dilakukannya juga telah banyak menginspirasi orang untuk melakukan hal yang sama. Dalam sebuah wawancaranya dengan sebuah media setempat, ia mengatakan bahwa apa yang diraihnya ini adalah karena ia mencintai apa yang dilakukannya. Ia senang membuat produk-produk baru dan akan terus melakukannya karena kerinduannya ia dapat membuat produk yang hebat dan membuat orang lain bahagia.

Sumber: successmagazine

Halaman :
1

Ikuti Kami