Temukan Kepuasan Dari Pekerjaan Anda

Career / 20 April 2010

Kalangan Sendiri

Temukan Kepuasan Dari Pekerjaan Anda

Puji Astuti Official Writer
3193

Bagi kebanyakan orang, memiliki pekerjaan yang bisa memberikan kepuasan jiwa dan juga memenuhi kebutuhan materi merupakan sebuah impian. Mimpi dalam karir seseorang seringkali tidak bisa terwujudkan, dan banyak orang mengatakan bahwa jika seseorang bisa mewujudkannya itu karena kebetulan saja. Tapi apakah benar demikian? Ternyata tidak. Anda bisa mewujudkan pekerjaan impian Anda.

Tahap pertama Anda harus mengetahui tiga dasar dalam melihat sebuah pekerjaan : apakah ini pekerjaan, apakah ini karir, atau ini merupakan hasrat terbesar dalam hidup Anda? Dari tiga tingkatan ini, maka kepuasan yang Anda terima pun berbeda.

  • Jika pekerjaan Anda sekedar PEKERJAAN, maka jumlah kompensasi dari pekerjaan Anda lebih penting dari yang lainnya, dan bisa menjadi pertimbangan Anda akan tetap tinggal atau pergi.
  • Jika pekerjaan Anda adalah KARIR , maka yang Anda cari adalah jabatan dan kesempatan pengembangan diri. Kepuasan Anda akan berhubungan dengan status, kekuasaan, atau posisi.
  • Jika pekerjaan Anda adalah HASRAT (passion) Anda, maka pekerjaan itu sendiri merupakan faktor utama kepuasan Anda, lebih dari uang, prestise, atau kekuasaan.

Sekarang, identifikasikan apa yang menjadi faktor utama kepuasan bagi Anda, maka Anda dapat membuat pendekatan yang berbeda atas apa yang Anda kerjakan saat ini dan bisa memutuskan apa yang Anda lakukan kedepan.

Sumber : mindtools.com
Halaman :
1

Ikuti Kami