Intelligentsia, Karya Seni Kopi Yang Memukau

Entrepreneurship / 18 April 2010

Kalangan Sendiri

Intelligentsia, Karya Seni Kopi Yang Memukau

Puji Astuti Official Writer
2914

Jika Anda memesan kopi di Intelligentsia Coffee & Tea, maka Anda seperti memesan karya seni. Di kafe ini, minuman yang Anda pesan disiapkan oleh pembuat kopi professional yang telah menguasai “seni latte” dan menyajikan tiap cangkirnya dengan desain yang unik.

Di Intelligentsia, para pegawai harus mengikuti pelatihan barista selama dua bulan. Hal ini menghasilkan perusahaan ini rumah bagi pembuat kopi terbaik di Amerika Serikat.

“Memiliki presentasi seni membuat latte dan kerajinan barista ini serta menanamkannya di 5.000 toko, benar-benar membantu kami dan membedakan kami dari para pesaing kami,” demikian ungkap Doug Zell yang bersama istrinya Emily Mange  mendirikan  Intelligentsia ini.

Dengan berkembangnya pasar kopi dan kafe yang menyajikan latte saat ini, sudah pasti persaingan yang terjadi menggila, namun hal ini tidak menghentikan Zell dan istrinya menggeluti bisnis ini.

Untuk memulai bisnis ini, Zell sebelumnya bekerja di sejumlah perusahaan di San Fransisco sebagai pemanggang kopi, lalu menanjak menjadi manajer, sehingga dia semakin kental pengenalannya akan produk berwarna hitam dan harum ini.

Dengan visi menyajikan produk yang berkualitas di Chicago – sebuah pasar yang menurutnya menjanjikan – Zell dan istrinya memulai usaha dari ruang bawah tanah orangtuanya.

Didirikan pada tahun 1995, Intelligentsia telah berkembang menjadi beberapa toko dan dijual secara retail.

Saat ini mereka masih terus melakukan ekspansi, bahkan rencananya akan membuka cabang di 10 negara baru dan telah memiliki pelanggan yang loyal di 700 restoran. Pada tahun 2005 saja penjualan kopi mereka telah mencapai 12 juta dolar Amerika. 

Untuk memulai usaha seperti Zell dan Emily, yang terpenting adalah menguasai produk, visi yang besar dan juga kerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Ingatlah bahwa kepuasan pelanggan adalah yang paling penting, untuk itu dari produk hingga penyajiannya perlu diupayakan yang terbaik.

Sumber : Entrepreneur
Halaman :
1

Ikuti Kami