Inggris dan Eropa Tertutup Debu Vulkanis

Nasional / 17 April 2010

Kalangan Sendiri

Inggris dan Eropa Tertutup Debu Vulkanis

Puji Astuti Official Writer
3211

Sebuah gunung vulkanis di Islandia menimbulkan letupan abu dan menyebabkan hampir semua penerbangan di Inggris dibatalkan bahwa status bahaya dinyatakan di udara hingga jam 2 siang, Jumat (16/4) kemarin.

Abu vulkanis dipastikan akan mengganggu penerbangan dalam enam bulan kedepan jika erupsi terus terjadi, hal ini ditakutkan akan memukul finansial peruhaan-perusahaan penerbangan.
Asosiasi Perusahaan Penerbangan Internasional  (The International Air Transport Association) menyatakan baru beberapa hari lalu perusahaan-perusahaan penerbangan keluar dari resesi, sekarang sudah menghadapi masalah kembali.

Erupsi ini mulai terjadi pada Rabu (14/4) lalu, telah melemparkan abu hingga 6 sampai 11 kilometer ke atmosfer. Debu vulkanis dan partikel-partikel kecil yang bertaburan di udara ini ditakutkan merusak mesin pesawat dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Selain Inggris, negara-negara Eropa juga ikut terpengaruh atas erupsi vulkanis ini. Sekitar 840 dari 1250 penerbangan di Eropa telah dibatalkan dan mengganggu jadwal sekitar 180.000 penumpang.

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami