Kerja Tambahan Buat Mahasiswa

Investment / 17 April 2010

Kalangan Sendiri

Kerja Tambahan Buat Mahasiswa

Lois Official Writer
3908

Jika Anda masih seorang mahasiswa yang diberi uang pas-pasan oleh orangtua, Anda ingin mempunyai penghasilan lebih ataupun uang saku yang diberikan tidak cukup, maka ada beberapa masukan yang bisa Anda pikirkan sebagai uang masukan bagi Anda, atau bahkan mungkin malah dapat menghasilkan uang untuk kuliah. Usaha yang bisa Anda lakukan yaitu :

  1. Bandar fotokopi. Misalnya saja, tawarkan teman sekelas Anda agar Anda yang mengurus fotokopi. Dari setiap makalah yang Anda fotokopi, ambil komisi sebanyak Rp. 1.000,- misalnya. Memang sekilas terlihat kecil, namun setidaknya jika ada 30 mahasiswa, Anda sudah memiliki Rp 30.000,- Itu baru dari 1 mata kuliah saja, belum mata kuliah lainnya.
  2. Ratu/raja pulsa. Cukup dengan bermodal ponsel dan dana minimal Rp. 100.000,- Anda sudah bisa menjadi agen pulsa elektronik. Agar dapat bersaing dengan pedagang di luaran, sebaiknya tidak perlu mengambil untung yang terlalu besar.
  3. Salesman/salesgirl. Jadilah marketing freelance. Misalnya saja dengan mempromosikan usaha milik tetangga Anda, teman Anda, ataupun keluarga Anda. Misalnya harga 1 T-Shirt yang dijual Rp. 15.000,- maka Anda bisa menjual dengan harga Rp. 20.000,- asal berikan barang yang memang bagus, maka pasti akan laris manis.
  4. Praktekkan kuliah Anda. Bagi mahasiswa arsitektur, Anda bisa menawarkan diri sebagai drafter. Kepada siapa saja yang membutuhkan. Bagi mahasiswa akunting, mungkin bisa mengerjakan kerja shift sebagai akuntan. Yang terpenting adalah Anda memiliki skill untuk mengerjakan hal tersebut. Untuk mahasiswa Sastra (Sastra Inggris/Sastra Perancis), Anda bisa menjadi penerjemah lepas.

Pangsa pasar bagi mahasiswa ini kebanyakan adalah mahasiswa lainnya. Anda dapat menempelkan publikasi jasa terjemahan tersebut di papan-papan pengumuman kampus, lengkap dengan contact person yang bisa dihubungi. Semoga berhasil!

Sumber : tipsanda/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami