Tujuan Sebagai Penentu Arah Karir

Career / 16 April 2010

Kalangan Sendiri

Tujuan Sebagai Penentu Arah Karir

Lois Official Writer
3255

Bisnis yang dikerjakan oleh mahasiswa ini memang tidak semudah yang dibayangkan, terkadang ada kendala yang dapat menghambat seperti tidak mempunyai dasar pengetahuan tentang bisnis, menentukan rekan kerja, modal, dan juga relasi untuk kelanjutan bisnis mahasiswa tersebut. Namun, kita perlu mengetahui cara-cara mahasiswa untuk menjadi pebisnis sukses yaitu :

Tujuan sebagai penentu arah

Pertanyaan yang akan dipertanyakan pertama kali adalah tujuan seperti apa yang ingin kita buat? Hal ini tentunya tergantung dari kemauan serta kemampuan mahasiswa beserta rekan yang dipilihnya. Selain untuk merealisasikan tujuan financial seperti membeli HP, membayar uang kost, uang kuliah, belanja, dan lain-lain.

Kita juga harus menentukan tujuan agar mempunyai nilai sehingga bisnis yang kita lakukan mendapatkan kesan positf di mata masyarakat, sehingga nantinya akan mendapatkan keuntungan. Tujuan tersebut janganlah yang money oriented karena akan menjerumuskan kita ke dalam berbagai cara yang tidak sesuai norma dan tidak akan bertahan lama.

Perencanaan bisnis sebagai penunjuk arah

Kita ambil contoh Anda. Dia kuliah di Depok dan saat liburan semester ia ingin pulang ke kampungnya di Malang, Jawa Timur. Dia menentukan berbagai cara, dan akhirnya memilih untuk menggunakan kereta api ekonomi lalu naik bis dan kemudian naik ojek untuk sampai ke rumahnya.

Dengan tujuan untuk mencapai kampung halaman, Anda bisa membuat planning yang mendetail sehingga memudahkan ia agar dapat sampai ke tempat tujuan. Seperti kondisi di atas, untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat dan mudah, kita harus menggunakan ‘kendaraan’. Kendaraan yang dimaksud yaitu perusahaan-perusahaan yang benar-benar mampu menjadikan bisnis kita sebagai partner bisnis.

Perhatikan juga rutenya. Jalani rute yang sudah kita pikirkan masak-masak sebagai rute yang benar dan kita tersesat di jalan, bertanya kepada orang yang kita yakini ia mengetahui jalan ke tujuan yang kita harapkan.

Terkadang kita mempunyai kendala karena tidak memiliki pembimbing yang tepat untuk membimbing kita dalam menempuh perjalanan tersebut. Keberhasilan dalam mencapai tujuan ini tergantung kepada kemampuan serta usaha untuk belajar.

Tindakan sebagai pencapai tujuan

Apabila kita telah bertindak dan melakukan apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya, apakah kita akan sampai ke tujuan yang diinginkan? Kemungkinan besar iya. Masalahnya adalah mungkin saja terjadi hambatan seperti ban kempes, mesin mobil mogok, jalan rusak, macet, dan lainnya.

Bila karena hal-hal itu kita sudah menyerah padahal mungkin tanpa diketahui tujuan yang ingin dicapai tinggal sedikit lagi, maka sangat disayangkan. Bisnis ini tentu saja membutuhkan usaha tekun dan komitmen untuk melangkah dalam mencapai tujuan kita.

Kesuksesan menjadi tujuan akhir

Kesuksesan merupakan kebanggaan pribadi serta orang di sekitar kita yang telah membantu kita. Di sini kita dapat menikmati hasil jerih payah kita dalam menjalani semua rintangan yang datang menghadang. Sehingga bisnis ini akan terasa lebih bermanfaat bagi kita khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Mulailah bisnis Anda sejak dini, semakin Anda mulai lebih cepat, dengan keteguhan hati dan komitmen akan membuat Anda semakin cepat meraih sukses!

Sumber : jawabanpasti/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami