Demam Tinggi? Kompres Dengan Air Hangat

Solusi Sehat / 16 April 2010

Kalangan Sendiri

Demam Tinggi? Kompres Dengan Air Hangat

Daniel Official Writer
9342

Apa yang akan Anda lakukan jika anak Anda mengalami demam tinggi? Tindakan pertama yang biasa kita lakukan adalah mengompresnya dengan air dingin atau es. Namun ternyata ini tindakan ini kurang tepat karena mengompres anak kita dengan air dingin atau es justru akan meningkatkan suhu tubuhnya. Hal ini berhubungan dengan mekanisme tubuh manusia yang menanggapi kondisi dari luar, yaitu jika kondisi di luar dingin maka tubuh akan bertambah panas.

Selain itu, efek dingin bisa membuat pembuluh darah di permukaan kulit jadi mengecil sehingga panas yang seharusnya dialirkan oleh darah ke kulit agar keluar akan terhalang. Kompres dingin juga bisa membuat pusat pengaturan panas dalam tubuh jadi kacau. Saraf-saraf yang digunakan untuk melihat atau memantau suasana di luar tubuh menangkap kesan, di luar tubuh dingin, sehingga tubuh pun akan bertambah panas.

Jadi, jika anak Anda demam, kompreslah dengan air hangat atau suam-suam kuku. Ini cara terbaik untuk menurunkan panas. Sebab, kalau suhu di luar tubuh terasa hangat, maka tubuh akan menginterpretasikan bahwa suhu di luar cukup panas. Dengan demikian, tubuh anak akan menurunkan kontrol pengatur suhu di otaknya, supaya suhu tubuhnya jangan terlalu panas.

Meskipun demikian, kompres bukanlah tindakan darurat untuk mengatasi demam. Yang pertama harus Anda lakukan adalah memberi anak Anda obat penurun panas. Kalau sudah minum obat tetapi panasnya tetap tinggi, baru Anda bisa mengompres anak Anda. Tetapi jika dengan obat penurun panas saja sudah cukup maka kompres sebenarnya kurang diperlukan lagi. Cara ini paling efektif untuk menurunkan demam anak Anda.

Sumber : perempuan.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami