Nenek-Nenek di Afrika Bermain Bola

Nasional / 15 April 2010

Kalangan Sendiri

Nenek-Nenek di Afrika Bermain Bola

Lois Official Writer
2252

“Kami diundang bermain di Amerika dari 13-18 Juli untuk memperebutkan Piala Veteran, dimana para nenek ngumpul dan bermain bola. Tak hanya nenek-nenek tapi siapa saja yang usia tua. Masalah dan tantangan yang saya hadapi kini adalah saya tak punya cukup uang,” kata Ntsanwisi, seorang pekerja sosial untuk membantu wanita usia lanjut agar tetap sehat dan beraktivitas, kepada Reuters.

Nenek-nenek pecinta sepakbola di Afrika Selatan bekerja keras mewujudkan impian mereka, berkompetisi mengejar kejayaan di Amerika, semuanya berjumlah 35 orang dan berusia antara 50-84 tahun ini. Mereka bermain bola dengan memperkuat satu tim bernama Vakhegula atau “Para Nenek”. Itu adalah bahasa Xitsonga, sebuah bahasa di Afrika Selatan bagian utara negara itu.

Ntsanwisi mengatakan sejauh ini mereka berhasil mengumpulkan 130.000 rand (17.900 dolar AS) dari total 500.000 rand yang mereka butuhkan agar bisa pergi ke Amerika untuk mengikuti turnamen yang akan mulai dua hari setelah berakhirnya Piala Dunia yang pertama kalinya diadakan di benua Afrika itu.

Onica Ndzovela, 77 tahun, mengeluh menderita nyeri tulang belakang dan sakit lutut sebelum bergabung dengan tim itu tiga tahun lalu. “Saya kini segar bugar, tidak berasa sakit apapun di tubuh, saya bisa lari lho. Di rumah saya mengerjakan sendiri pekerjaan rumah tangga saya. Saya mencat dinding dan memperbaiki atap rumah,” kata Ndzovela yang berposisi bek itu.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami